BBP Riau Apresiasi PWI Dumai, Hadiri Penyuluhan Hingga Selesai

DR Fatmawati Adnan sedang menyampaikan materi penyuluhan di hadapan puluhan insan media di Dumai.

RiauKepri.com, DUMAI- Dari sekitar 50 wartawan yang ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia di Media Centre, Sabtu (28/09/19), setia mengikuti kegiatan hingga selesai. Balai Bahasa Provinsi (BPP) Riau sebagai penyelenggara mengaku bangga dan apresiasi wartawan anggota PWI Dumai.

“Kami bangga, hingga siang ini peserta masih setia dan hampir semua hadir. Saya apresiasi PWI Dumai,” kata Peneliti Bahasa BPP Riau, Yeni Maulina, dihadapan puluhan wartawan yang hadir.

Apresiasi yang diberikan Yeni Maulina bukan tak beralasan. Sebab menurutnya, dalam penyuluhan bahasa Indonesia bagi insan media massa di sejumlah daerah di Riau tak semua peserta dari wartawan tak bertahan sampai acara selesai.

Baca Juga :  Runding Sastra FIB Unilak, Jalan Lain Menuju ke Surga

“Dumai luar biasa, kami datang pagi langsung disambut pak Bambang di simpang. Sampai di Media Centre ini pak Kambali sudah ada. Ini luar biasa. Terima kasih PWI Dumai,” ujar Yeni Maulina.

Sementara DR Fatmawati Adnan MPd mengaku kegiatan yang dilakukan BBP Riau bersama insan media bukanlah hal baru.

“Yang kita laksanakan bukan hal baru, karena ini namanya penyuluhan untuk mengingat-ingat kembali apa yang sudah pernah kita pelajari di sekolah,” jelas Peneliti BBP Riau itu.

Namun, yang perlu diingat, kata Fatmawati Adnan perkembangan bahasa sangat cepat dan bisa terjadi kapan saja. “Dan media massa sangat berperan dalam perkembangan bahasa tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :  Ada Pembengak Sebut Keluarga Besar Herman Abdullah Tak Dukung Syamsuar-Edy

Menurutnya, kata terdiri dari dua yaitu kata dasar dan kata bentukan.

Kata dasar adalah kata yang utuh belum mendapat imbuhan apapun. Kata yang menjadi dasar bagi bentukan kata lain yang lebih luas.

“Sementara kata bentukan adalah kata yang sudah dibentuk dari kata dasar dengan proses tertentu,” ungkap Fatmawati Adnan lagi dalam.acara ya g masih berlangsung sore ini.

Untuk diingat, sebanyak 50 wartawan Dumai mengikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Insan Media Kota Dumai di Media Centre, Sabtu (28/09/19).

Ketua PWI Dumai Kambali mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang memang sudah sejak lama direncanakan PWI Dumai.

Baca Juga :  DBH Tersendat, APBD Perubahan Riau Ditiadakan

Itu sebabnya ketua PWI Dumai yang juga wartawan senior di Harian Pagi “Dumai Pos” itu menilai bahwa diselenggarakannya penyuluhan bahasa Indonesia bagi insan media di Dumai tersebut merupakan rezeki.

“Ini rezeki bagi kita untuk meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang benar,” tegas Kambali.

Dalam kesempatan itu, Kambali mengakui bahwa wartawan di Dumai masih banyak yang belum menggunakan kaidah bahasa Indonesia secara benar.

“Mari kita ikuti kegiatan ini sampai selesai,” pintanya. Dan benar hingga Sabtu sore ini puluhan wartawan antusias mengikuti kegiatan tersebut. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *