Diskop UMKM Bengkalis Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal

Sosialisasi sertifikasi halal oleh Diskop UMKM Bengkalis

RiauKepri.com, BENGKALIS – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi sertifikasi halal dalam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, kegiatan tersebut dengan melibatkan 50 pelaku usaha se Kabupaten Bengkalis di salah satu hotel di Bengkalis, Selasa (01/10/19) lalu.

Kepala Diskop UMKM Bengkalis, Herman Achmad mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi terhadap pelaku usaha tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi usaha yang mereka kerjakan.

“Sosialisasi ini juga, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam usaha mandiri bagi pelaku usaha, agar terpenuhi standarisasi halal yang nantinya produk mereka tersebut di konsumsi oleh masyaakat, ” terang Herman.

Baca Juga :  Pintu Takdir

Dijelaskannya bahwa 50 pelaku usaha yang dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi tersebut, usaha yang mereka kerjakan semuanya belum masuk dalam standarisasi label halal. Sehingga setelah dilakukan sosialisasi, pihak Diskop akan menfasilitasi sampai produk mereka masuk standarisasi sertifikasi halal.

“Tadi, kita udah tanya kepada setiap pelaku usaha yang hadir, meraka mengharapkan produk yang mereka kerjakan bisa tembus sampai ke luar negeri, seperti di negara tetangga malaysia, “ungkap Herman.

Menurut Herman apabila produk tersebut belum mengantongi sertifikasi halal, maka untuk menembus ke luar negeri tidak akan mungkin. Karena label halal tersebut sebagai salah satu jaminan bagi konsumen. Oleh karena itu, berbagai produk UMKM harus mengantongi sertifikasi halal.

Baca Juga :  KSOP Dumai Keluarkan SE, Kapal LN Masuk Dumai wajib Lampirkan Certificate Of Pratique

“Sehingga apabila usaha yang diproduksi tersebut sudah mengantongi sertifikasi halal, maka akan lebih leluasa untuk memasarkannya, meskipun sampai ke luar neger. Sebab itu, sosialisasi sertifikasi halal yang kita lakukan ini sangat penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan pemasaran agar bisa menaikan penghasilan, “tutup Herman. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *