Eko Suharjo: Kendalikan Penduduk Melalui Program KB

Pencangan Bahksos TNI KB-Kes dan Harganas XXVI di Tingkat Kota Dumai

Wawako Dumai Eko Suharjo SE melakukan foto bersama dengan para undangan di sela-sela pembukaan Baksos TNI KB-Kes dan Harganas XXVI tahun 2019 di Dumai Kamis.

RiauKepri.com, DUMAI– Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE membuka Pecanangan Bahkti Sosial (Bhaksos) TNI KB-Kes dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 di kantor Camat Medangkampai Kelurahan Teluk Makmur Kamis (03/10/19)

Menurut Eko Suharjo SE program keluarga berencana (KB) serius digarap pemerintah melalui kerjasama dengan TNI/ Polri.

Keberhasilan program KB diharapkan dapat mengendalikan pertumbuhan penduduk yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan sumber saya manusia (SDM) serta kesejahteraaan masyarakat.

Di Kota Dumai sendiri, kata Eko Suharjo program KB sudah berjalan dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan dengan melibatkan semua pihak hinggga ke lini paling bawah.

Baca Juga :  Ketika Musa Ismail "Tak Malu Kita Jadi Melayu"

Hal tesebut dapat dibuktikan ketika ‘Kampung KB’ sudah ada di tujuh (7) kelurahan SE kota Dumai. Bahkan “Kampung Narkoba” di Kelurahan Laksamana sudah disulap menjadi
Kampung KB, dan lokasi wisata Dumai

“Kalau bisa di 33 kelurahan ada Kampung KB,” ujar Eko Sukarjo SE pada pembukaan Bhaksos TNI KB-Kes dan Harganas XXVI Tahun 2019 yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Dumai Hj Haslinar Zul AS, isteri Wawako Dumai, anggota Forkopimda Dumai, BKKBN Provinsi Riau, kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai, camat dan staf kantor Camat Medangkampai dan tokoh masyarakat Dumai.

Dijelaskan Eko Suharjo, segala upaya dilakukan pemerintah untuk dapat kendalikan pertumbuhan penduduk melalui program KB. Tujuannya demi meningkatkan sumber manusia Dumai. Program KB dengan penggunaan kontrasepsi telah mencapai 69 persen.

Baca Juga :  Bahas Strategi Kegiatan, Bapenda Bengkalis Gelar Rapat Internal

“Target Yusrizal tercapai sebagai Dinas Pengendalian Kependudukan, KB Kota Dumai,” jelas Eko Suharjo dan menambahkan bahwa tak ada cara lain untuk pengendalian pertumbuhan pendudukan kecuali dengan memaksimalkan progran KB.

“Mari kendalikan pertumbuhan penduduk dengan menyukseskan program KB, bagaimana masyarakat terkendali dan sejahtera,” ungkapnya

Untuk itu, pinta Wawako Duma perlu dilaksanakan sosialisasi program KB hingga ke tingkat paling bawah. “Semakin sering diberi informasi, maka anak-anak kita akan semakin mengerti,” ungkapnya.

Sementara Laporan Ketua Panitia Kapten (Arh) Muhammad Iskandar Daulay melaporkan bahwa pengendalian kependudukan perlu perencanaan secara konprehensif dan terpadu.

Baca Juga :  Sabarudi Minta Pemko Pekanbaru Realisasikan Tunda Cicilan Kredit UMKM

TNI sendiri kata Daulay, sudah menyumbang pencanangan KB di tengah masyarakat melalui Kodam, Korem, Kodim dan jajaran di bawahnya.

“TNI berperan mewujudkan kampung KB di seluruh wilayah. Tujuan meningkatkan pelayanan KB di seluruh masyakat,” jelas Iskandar Daulay dan menambahkan bahwa dalam acara tersebut dilaksanakan juga pelayanan KB gratis, memeriksa kesehatan melalui cek darah, cek gula darah dan tensi, pembayaran pajak kenderaan melalui Samsat Riau kota Dumai, pelayanan dokumen anak oleh Disdukcapil Dumai. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *