Siapa Ketua DPRD Dumai? Ini Kata Laskar Melayu

30 anggota DPRD Kota Dumai foto bersma di depan gedung DPRD Kota Dumai Bagan Besar usai pelantikan.

RiauKepri.com, DUMAI– Dua wakil ketua sudah diumumkan. Namun, siapa ketua DPRD Dumai periode 2019-2024, belum jelas. Seperti diketahui, Rapat Paripurna tentang usulan calon pimpinan definitif DPRD Kota Dumai sudah dilaksanakan Senin (30/09/19) lalu.

Namun dalam rapat paripurna itu, tanpa dihadiri fraksi Demokrat. Padahal kursi ketua DPRD Kota Dumai sebenarnya adalah jatah Partai besutan SBY itu.

Pengumuman usulan pimpinan DPRD Kota Dumai dibacakan oleh Sekwan Kota Dumai, Fridarson, SH.

Menurutnya, sesuai surat keputusan DPP PKS sebagai partai pemenang kedua menunjuk Mawardi sebagai wakil ketua. Sedangkan DPP PDI-Perjuangan sebagai partai pemenang ketiga menunjuk Bahari mengisi jabatan wakil ketua DPRD Dumai

Baca Juga :  Mantapkan Pelaksanaan Program Kerja 2020, Diskop UMKM Bengkalis Perkuat Sinergi Internal dan Eksternal

“Hanya mereka (PKS dan PDI P red) yang memasukkan SK DPP. Mengingat waktu minim makanya hanya wakil yang di umumkan untuk ketua menyusul,” jelasnya.

Dijelaskan, keterlambatan penetapan ketua DPRD Dumai tidak menjadi masalah, karena DPRD merupakan satu kesatuan yang mengedepankan kolektif kolegial. Sehingga posisi ketua DPRD dapat diwakilkan oleh wakil yang ditunjuk untuk memutuskan suatu kebijakan strategis.

“Untuk menghemat waktu, baru dua SK diterima sekretariat dan dilakukan paripurna, masalah SK untuk ketua DPRD masih menyusul,” ungkapnya

Menanggapi hal itu, ketua DPD Laskar Melayu Bersatu  Kota Dumai Panglima Muda H.M Danial Effendi angkat bicara.

Baca Juga :  Ada Said Aqil Pada Safari Ramadan Gubri di Bangkinang

Daniel Efdendi minta Ketua DPP Partai Demokrat segera menetapkan ketua untuk DPRD Kota Dumai.

Karrna sesuai hasil keputusan KPU Nomor:49/PL.01.9-KPT/Kota/VIII/2019 bahwa Partai Demokrat adalah Partai yang terbanyak memperoleh kursi maupun suara terbanyak.

H.M Danial yang juga Dewan Kehormatan Adat di LAM R Kota Dumai meminta kepada Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dinobatkan sebagai Datuk Sri Indra Setia Amanah Negara oleh LAM Riau agar memperhatikan kearifan lokal.

Hal tersebut sesuai Permendagri nomor 39 tahun 2007 tentang pedoman fasilitas organisasi kemasyarakatan bidang kebudayaan, keraton dan Lembaga Adat dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah bahwa mayoritas penduduk Dumai adalah Melayu yang identik islam. Adat bersendi Syara’ – syara’ bersendikan kitabullah.

Baca Juga :  Sikap UAS Membuat Ketua Umum MKA LAM Riau Menangis, Apa Pasal?

“Kami berharap bapak SBY dalam penunjukan Ketua DPRD Kota Dumai memilih orang yang berpengalaman duduk di legislatif, mempunyai kapabilitas dan mempunyai integritas,” harapnya dan menambahkan hal itu penting untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kota Dumai yang identik dengan Melayu dan Islam. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.