Buka Pencanangan BBGRM Ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Bupati Amril Apresiasi Desa Tanjung Belit

Bupati Bengkalis Amril Mukminin Saat Pemukulan Gong Pada Pembukaan Pencanangan BBGRM Ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Rabu (9/10/19)

RiauKepri.com, BENGKALIS – Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tingkat Kabupaten Bengkalis sebagai upaya menggali potensi produk unggulan desa menjadi kebangsaan bangsa. Demikian disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pencanangan BBGRM ke-16 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019, di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Rabu (9/10/19).

Masih kata Amril Mukminin, nilai gotong royong tumbuh dan berkembang merupakan bagian dari nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan guna membangun Daerah dan Desa. Dengan cara mengedepankan serta melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan dan bergotong royong dalam bekerja.

“Sesuai tema BBGRM yakni melalui BBGRM, Lanjutkan Pembangunan Dengan Menggali Potensi, Produk Unggulan Desa Menjadi Kebanggan Bangsa, kami harap bisa menumbuhkan potensi dan inovasi-inovasi desa supaya dapat terus digali dan dikembangkan,” kata Kepala Daerah Bengkalis.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin Saat Pemukulan Gong Pada Pembukaan Pencanangan BBGRM Ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Rabu (9/10/19)

Kemudian kata Kepala Daerah, BBGRM juga sebagai motivasi untuk bersinergi dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi yang ada secara optimal, agar seluruh kearifan lokal dan produk unggulan desa yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Desa.

“Kepada seluruh Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Bengkalis agar melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendayagunaan terhadap tiga pilar dalam Pemerintahan Desa, yaitu Lembaga Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, sehingga cita-cita desa membangun dapat terwujud,” tegas Amril.

Baca Juga :  Kerinci Kanan Targetkan Peningkatan Perolehan Dana Zakat

Pendekatan desa membangun lanjut Bupati Bengkalis, hendaknya terintegrasi dalam perencanaan pembangunan desa, agar dalam menyusun perencanaan tingkat desa harus tetap mengacu kepada RPJMD Kabupaten Bengkalis, visi dan misinya serta berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, sehingga akhirnya seluruh perencanaan usulan kegiatan Pemerintahan Desa dapat terakumulasi dalam musyawarah pembangunan di tingkat kecamatan.

“Bupati boleh berganti, DPRD boleh berganti, perangkat daerah boleh berganti, namun pembangunan daerah jangan sampai terhenti,” kata Amril diakhir sambutannya.

Sebagai informasi pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba gotong royong masyarakat tingkat Kabupaten Bengkalis.

Juara pertama diraih oleh Desa Tanjung Belit Desa Siak Kecil, juara kedua Desa Damai Kecamatan Bengkalis dan juara ketiga diraih oleh Desa Berancah Kecamatan Bantan.

Bupati Bengkalis Apresiasi Prestasi Desa Tanjung Belit

Berfoto bersama

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil ditetapkan sebagai tuan rumah pencanganan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Rabu (9/10/19), di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Siak Kecil.

Baca Juga :  Giliran Bupati Bengkalis Diperiksa KPK, Ini Hasilnya

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan penghargaan dan apresiasi tersebut diberikan kepada Desa Tanjung Belit atas keberhasilannya meraih peringkat satu pada penilaian lomba BBGRM ke-16 tahun 2019 tingkat Kabupaten Bengkalis.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis kami mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih, semoga Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil dapat mempertahan prediket terbaiknya seperti saat ini dan juga saat mewakili Kabupaten Bengkalis untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Riau nantinya,” kata Amril Mukminin.

Bupati Bengkalis berharap kepada Dinas terkait, Camat serta stakeholder lainnya agar segera melakukan koordinasi, komunikasi serta pembinaan sebagai dukungan dan tahapan persiapan demi mendapatkan hasil yang terbaik nantinya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau, Syarifuddin mengatakan BBGRM ini merupakan moment yang dilaksanakan setiap tahunnya baik ditingkat Kabupaten maupun di tingkat Provinsi.

“Ini merupakan sarana pertemuan untuk menyamakan presepsi dalam mengembangkan daerah dan menjaga kelestarian serta potensi yang ada di daerah sehingga bisa meningkat Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  KPU Bengkalis Temukan Mantan Koruptor yang Ngotot Nyaleg

Masih kata Syarifuddin, mulai tahun ini, Gubernur Riau akan menyalurkan dana untuk desa sebanyak 200 juta, untuk keperluan mengembang dan membangun desa agar tidak terjadi lagi adanya desa tertinggal.

“Oleh karena itu kami mengapresiasi Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil yang berhasil meraih predikat terbaik di Kabupaten Bengkalis, semoga ini menjadi pemicu bagi Desa lain yang ada di Kabupaten Bengkalis dalam membangun daerahnya,” kata Syarifuddin.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau Syarifuddin, Anggota DPRD Bengkalis Rahmah Yeni, Asisten Tata Pemerintahan Setda Bengkalis Hj Umi Kalsum, Plt Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis Maryansyah Oemar, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Bengkalis Haholongan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juita Bustami, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo, Dandramil Siak Kecil Tarman, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat se-Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa dan masyarakat Desa Siak Kecil, serta tokoh masyarakat di Kabupaten Bengkalis.(Inf/Win)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *