Tahniah, Tenas Effendi Terima Lencana Emas

Penyerahan anugerah untuk Tenas Effendi.

RiauKepri.com, JAKARTA-Tengku Hidayati Efiza menerima anugerah tanda kehormatan atas nama ayahnya (Alm) H Tenas Effendy di gedung Istora Senayan Jakarta, Rabu (9/10/2019). Gelar tanda kehormatan Presiden RI Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada almarhum atas dedikasinya terhadap Budaya Melayu.

Tanda kehormatan ini telah diberikan secara langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo pada bulan Agustus lalu. Penyerahan gelar secara keseluruhan dilaksanakan pada kegiatan Anugerah Kebudayaan tahun 2019 yang ditaja Kemendikbud. Sementara Kemendikbud memberikan Lencana Emas kepada penerima.

Baca Juga :  Ikut Indonesia Expo 2018 di Jeddah, Siak Promosikan Wisata dan Peluang Investasi

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid dalam laporannya menyebutkan anugerah ini adalah apresiasi pemerintah terhadap pelaku budaya, pelaku seni tradisi untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sejak Januari pihak Kemendikbud telah meneima usulan dari masyrakat yang kemudian diserahkan kepada tim penilai.

Menteri pendidikan dan Kebudyaan RI, Muhadjir Effendy menyampaikan anugerah ini sangat layak diberikan kepada para pejuang kebudayaan.

“Anugerah ini perlu kita berikan sebab mereka (penerima anugerah) sudah mewarisi budaya Indonesia secara turun- temurun. Karya cipta dari para seniman, para budayawan pada dasarnya adalah karya yang tak bernilai yang tidak bisa dihitung, maka kami hanya bisa memberikan penghargaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas, Unilak MOU dengan BI Perwakilan Riau

Secara rinci anugerah diberikan kepada 59 penerima. 13 orang kategori Gelar Tanda Kehormatan Presiden terdiri dari 2 kategori Bintang Mahaputera; 3 kategori Budaya Parama Dharma; 8 kategori Satyalancana Kebudayaan. Lalu 10 kategori Pelestari, 10 kategori Pencipta Pelopor Pembaru, 5 kategori Maestro Seni Tradisi, 5 kategori Anak dan Remaja, 7 kategori Komunitas, 5 kategori Pemerintah Daerah, 4 kategori Perorangan Asing.

Rangkaian acara dikemas dengan pernampilan dari beberapa penerima secara perorangan dan kolaborasi. Hadir pada kesempatan ini Ketua Umum MKA LAM Riau Datuk Seri Al azhar dan Kadisbud Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen. (Rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *