Wajib Patuhi Perda, Ketua LMB: Kalau Matahari Melanggar Harus Hengkang

Ketua LMB Dumai H Daniel Efendy.

RiauKepri.com, DUMAI- Kantor Disnakertrans Dumai nampak ramai sejak Senin (14/10/2019) pagi ini. Bukan aksi demo, namun ternyata Matahari Departement Store tbk sedang melakukan interviu terhadap calon tenaga kerja.

Sekitar empat ribu masyarakat telah mengirimkan lamaran ke perusahaan tersebut. Untuk itulah interviu pelamar dilaksanakan di Aula Kantor Disnakertrans Dumai.

Ketua Laskar Melayu Bersatu (LMB) Dumai H Daniel Efendy, meminta perusahaan di Dumai termasuk Matahari Departement Store tbk wajib mematuhi Perda 10/2004 tentang ketenagakerjaan Dumai.

“Harus dipatuhi. Kalau perusahaan yang melanggar silahkan hengkang dari Dumai,” tegas Daniel Efendy kepada RiauKepri.com di kantor Disnakertrans Dumai, Senin (14/10/19).

Baca Juga :  Disnakertrans Rapat Bersama Perusahaan, Fadhly: Segera Laporkan Data Naker

Menurut Daniel, disinyalir kuat masih ada saja perusahaan Dumai yang berani melanggar ketentuan rekrut tenaga kerja dengan persentase 70 naker tempatan dan 30 luar Dumai sebagaimana tertuang dalam Perda 10/2004.

Kondisi itu jelas merugikan masyarakat tempatan Kota Dumai. Buktinya masyarakat lokal masih banyak menganggur.

“Lamaran masyarakat lokal sudah dijatuhkan, tapi tak dipanggil. Bahkan pekerja justru didatangkan dari luar Dumai,” sesalnya.

“Saya akan pantau rekrut tenaga kerja di Matahari ini. Kalau ternyata dari luar akan saya stop. Begitu juga perusahaan lain, jangan coba-coba membawa tenaga kerja dari luar” tegasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM, Rumah Terampil Dihidupkan, Fadhly; Kita Segera Mendata Perusahaan

Dalam kesempatan itu, ketua LMB minta perusahaan perlu dipanggil Pemko Dumai melalui Disnakertrans Dumai.

“Masalah pekerja ini urusan perut. Jangan yang susah disusahkan lagi,” katanya sembari menambahkan perusahaan di Dumai terindikasi menerima pekerja titipan dari oknum pejabat Dumai

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai H Suwandy SH M.Hum sependapat dengan ketua LMB Dumai agar perusahaan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Untuk rekrut tenaga kerja wajib mematuhi Perda No. 10/2004 tentang ketenagakerjaan.”Ya saya sependapat, perusahaan harus patuh. Tolong jalankan Perda Ketenagakerjaan kota Dumai” tegasnya.

Baca Juga :  Oknum Sekdes Sialang Godang Otak di Balik Pembunuhan Daud Hadi

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa Disnakertrans Kota Dumai telah pernah melakukan pendataan ke perusahaan.

Puluhan perusahaan di Kawasan Industri Dumai (KID) Pelintung Kecamatan Medangkampai dan perusahaan Sungai Sembilan didatangi dan diminta untuk menyerahkan data tenaga kerja di perusahaan.

“Sesuai laporan yang kita terima, perusahaan sudah mematuhi Perda Ketenagakerjaan Dumai, ” jelasnya.

“Ini rekrut tenaga kerja di Matahari ini juga tetap kita pantau” tambahnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *