Dosen Faperta Unilak Bantu Pondok Pesantre Budidaya Tanaman

RiauKepri.com, PEKANBARU- Untuk memberikan kemandirian bagi kalangan santri, khususnya pondok pesantren dalam pemenuhan kebutuhan pangan, dosen pertanian Universitas Lancang Kuning melaksanakan pengabdian di Pondok Pesantren Tahfizh Al-qur’an, Yayasan Islamic Center Darul Qur’an, Pekanbaru.

Pengabdian dilakukan oleh tiga dosen Unilak yaitu Sri Utami Lestari, SP. MSi, Dra. Seprita Lidar, MSi dan Ir. Muryanto, MM. Pelaksanaan pengabdian berlangsung sejak Juni- September 2019

Salah satu dosen Unilak yang dihubungi Minggu, (15/9), Sri Utami, mengatakan pengabdian ini merupakan bagian dari Tri Darma perguruan tinggi di tengah masyarakat, dan tema yang diangkat yaitu peningkatan ketahanan pangan pondok pesantren Tahfizh Al-qur’an yayasan Islamic Center Darul Qur’an Pekanbaru, melalui budidaya sayuran.

Baca Juga :  Pengadilan Tolak Banding Dosen Universitas Riau terkait Penyerangan Rumah

“Tujuan dari kegiatan ini
meningkatkan kemandirian pangan ponpes sehingga dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada,” ujar Sri.

Selama kegiatan pengabdian di pondok pesantren, dosen unilak memberikan pengetahuan tentang tanaman, sayuran, memberikan dan juga memberikan bibit tanaman. Dan terus memberikan pembimbingan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Adanya kegiatan ini disambut positif oleh ponpes. “Kegiatan ini sangat menunjang dan membantu pondok pesantren, karena ponpes juga telah memiliki program yang sama. Sehingga adanya kegiatan ini semakin cepat terealisasi” ujar pimpinan Ponpes, Syaiful Asro Dalimunthe. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *