Julang Nama Riau, Sanggar Sanjayo Terbaik I Tingkat Nasional FSBI di Yogyakarta

Personil Sanggar Seni Senjayo berfoto bersama

RiauKepri.com, YOGYAKARTA – Membawa nama Riau, Sanggar Sanjayo Lipan Kain, berhasil meraih juara 1 pada Festival Seni Budaya Islam (FSBI) tingkat nasional 2019 cabang Seni Teater di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (22/10/2019) yang lalu. Perhelatan FSBI ini ditaja oleh Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam perhelatan ini, Sanggar Seni Sanjayo menyuguhkan pertunjukan Teater dengan judul ” Menunggu Posan” karya dan Sutradara Sendy Alpagari. Capaian yang diraih oleh Sanggar Seni Sanjayo adalah suatu prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Riau dan Kampar khususnya, pada cabang seni teater. Apalagi Riau jarang sekali berada pada peringkat pertama pada festival teater di tingkat nasional.

Baca Juga :  Ke Inhil, LBP Bangun Industri Kelapa Terpadu

“Dengan serba keterbatasan, baik secara materi maupun waktu yang mepet, kami mencoba berusaha untuk bisa ikut andil dalam kegiatan yang bergengsi ini. Kami harus berani berhutang terlebih dahulu agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk Riau,” jelas Sendy Alpagari selaku pimpinan Sanggar Seni Sanjayo.

Sendy juga menjelaskan, bahwa hal ini dapat diapresiasi oleh pihak Pemerintah Provinsi Riau melalui dinas terkait. Perjuangan anak-anak muda dari sanggar seni Sanjayo ini, kata Sandy, bisa dikatakan nekat, berjuang dengan serba keterbatasan untuk bertarung di nasional dengan membawa nama Riau, dan nyatanya mereka bisa mengharumkan nama Riau di kancah nasional.

Baca Juga :  Kakek di Kampar Ini Diculik, Perhiasan Diambil, Mulut "Berkecap"

Naskah “Menunggu Posan” ini, kata Sendy, menjabarkan sedikit sejarah dan mencoba mengajak penonton untuk lebih paham dan peduli dengan sejarah besar di negeri yang tua ini terutama sejarah Islam di Indonesia secara umum dan Kampar secara khususnya.

“Dengan konsep teaterikal, saya mencoba menggabungkan unsur-unsur tradisi yang ada di Kampar dalam garapan ini, dan alhasil kami berhasil meraih juara I dalam ajang ini. Kemanangan ini tidak kami sangka-sangka sama sekali, karena banyaknya saingan berat yang kami hadapi terutama dari provinsi daerah Pulau Jawa,” ungkap Sendy Alpagari selaku sutradara dan sekaligus penulis naskah.

Baca Juga :  Suatu Keniscayaan, Mulok Budaya Melayu di Sekolah

Sementara itu, Arie Dwi Saputra selaku pimpinan produksi mengatakan Sanggar Seni Sanjayo adalah sanggar yang selalu mengukir prestasi di Kampar dan Riau, bahkan Nasional. “Kami dari Sanggar yang berangkat ke Yogyakarta sebanyak 11 orang, 5 orang aktor dan aktris, 4 orang pemusik, 1 orang pimpro dan 1 orang sutradara yang keseluruhannya adalah anak-anak muda asli Kampar,” jelas Arie.

Daftar pemenang ;
1. Terbaik I, Sanggar Seni Sanjayo, utusan Provinsi Riau
2. Terbaik II, Komunitas Jaguar Nuasantara Jawa Timur, utusan Provinsi Jawa Timur
3. Terbaik III, Teater ESKA, utusan Provinsi Yogyakarta. (RK2/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *