FSIGB 2019 Memang Beda, Semangat Seniman Riau Semakin Terpacu

Penggagas Festival Sastra Internasional Gunung Bintan Rida K Liamsi saat memasukan buku ke dalam tas.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Senin (28/10/2019), ratusan peserta Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2019, sudah bertolak ke Tanjungpinang. Para seniman dari berbagai penjuru ini selama empat hari di bumi segantang lada bakal “melahap”
seminar internasional, ziarah budaya ke Penyengat, hingga menikmati suguhan kesenian dan pariwisata di Bintan.

Sebagai satu-satunya festival sastra di Tanjungpinang bertaraf internasional, FSIGB untuk tahun ini memang agak beda karena mendapat sambutan baik dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Semangat seniman muda di Riau kata salah seorang peserta Hang Kafrawi, sangat luar biasa. Hanya saja masih banyak seniman muda di Riau belum beruntung untuk bisa mengikuti perhelatan tahun ini.

Baca Juga :  Peserta FSIGB Bertemu Wagubri, Lahirkan Ide Kampung Sastra

“Festival Sastra Internasional Gunung Bintan ini tidak hanya reuni para seniman namun juga menggali sesuatu dalam sebuah karya sastra,” ucap Hang Kafrawi.

Sementara itu, Jasman Bandul seniman Riau lainnya, mengungkapkan, dia sudah macam tak sabar untuk berangkat ke Tanjungpinang. Jasman sempat juga memposting fotonya di facebook sedang melakukan persiapan untuk tampil maksimal membaca puisi pada FSIGB.

Penggagas FSIGB, Rida K Liamsi, juga begitu semangat menyambut tamu-tamunya, sampai-sampai dia sendiri memasukan buku ke dalam tas untuk dibagikan kepada peserta FSIGB.

Pembukaan

Rida K Liamsi menyebutkan, pembukaan FSIGB akan dilangsungkan di Gedung Daerah, Senin (28/10/2019) malam. “Insya Allah Pak Plt Gubernur Kepri, Isdianto akan ikut membaca puisi di sana,” ujar Rida, Sabtu (26/10/2019).

Baca Juga :  Rugi Jika Warga Tanjungpinang tak Nonton Baca Puisi Petang dan Malam Ini

Diceritakan Rida, Gedung Daerah sebagai lokasi pembukaan FSIGB merupakan inisiasi dari Pemprov Kepri sendiri. Pada gelaran perdana tahun lalu, FSIGB dibuka di Kompleks Purna MTQ di Bintan.

Mendapati antusiasme dari penyair dalam dan luar negeri, tutur Rida, sejak saat itu Pemprov Kepri merasa berkewajiban untuk ikut menyambut ajang festival sastra paling akbar tahun ini.

“Karenanya juga seluruh peserta akan dijamu langsung oleh Pak Plt Gubernur di Gedung Daerah. Sesuatu sambutan yang baik untuk penyair yang menjadi peserta pada tahun ini,” ungkap Rida.

Baca Juga :  PWI Dumai Peduli, Bagikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Corona

Selain Plt Gubernur Kepri Isdianto yang akan membacakan puisinya di panggung FSIGB di Gedung Daerah, beberapa penyair beken dari dalam dan luar negeri juga akan beraksi di sana. Mulai dari Sutardji Calzoum Bachri hingga Roslan Madun dari Malaysia.

Jikalau dibuka di Gedung Daerah, lantas di mana penutupannya? Tentu tidak mungkin di tempat yang sama, begitu tegas Rida. Oleh karena itu, malam penutupan FSIGB 2019 akan dihelat di rumah makan Crystal Fatimah, Dompak.

“Bukan cuma makan-makan. Nanti di sana pun akan turut diramaikan pembacaan puisi. Jadi tetap tidak jauh-jauh dari puisi,” ungkapnya. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *