Tahniah, Riau Raih Penghargaan Terbaik Pertama KIP

Wagubri Edy Nasution saat menerima penghargaan.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendapatkan penghargaan terbaik pertama terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang diserahkan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, kepada Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Meskipun Pemprov Riau mendapatkan penghargaan terbaik pertama, menurut Edy Nasution, masih ada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau, belum sepenuhnya program keterbukaan informasi publik ini dengan baik.

“Padahal, mereka (Kepala OPD, red) berstatus sebagai PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pembantu,” kata Edy Nasution kepada wartawan.

Baca Juga :  Zapin dan Syair Siak Bakal Ditetapkan Sebagai Warisan Tak Benda Nasional

Bagi Edy Nasution, hal ini bisa dinilai, sebab masih ada Kepala OPD yang belum menindaklanjuti surat keputusan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau dimasing-masing OPD Pemprov Riau, terkait KIP.

“Saya katakan ini bentuk ego sektoral dari OPD tersebut. Mungkin mereka menganggap hal ini tidak penting. Padahal surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kadiskominfotik merupakan penjabaran dari SK Gubernur dan Peraturan Gubernur yang telah diterbitkan terkait dengan keterbukaan informasi,” ungkap Edy Nasution.

Artinya, dikatakan Edy Nasution, ujung dari semua itu adalah bentuk tanggungjawab Kepala OPD, terhadap bagaimana memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat. Padahal Kepala OPD berstatus sebagai PPID Pembantu.

Baca Juga :  KLHK Serahkan Dua Unit Motor Sampah Plus ke Unilak

“Tentu saya mengucapkan terimakasih atas upaya yang telah dilakukan oleh semua pihak yang berada di Pemprov Riau selama ini. Terutama Kadiskominfotik selaku PPID Utama, juga kepada para Kepala OPD selaku PPID Pembantu,” ucap Edy Nasution. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *