Usai Pendidikan di Singapura, Syamsuar Akan Terapkan Gagasan Baru untuk Riau

Gubri Syamsuar foto bersama peserta pendidikan kepemimpinan di Singapura.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Hari ini, Kamis (21/11/2019), Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, usai mengikuti Program pendidikan kepemimpinan di Singapura. Ilmu yang ditimba menjadi gagasan baru untuk membangun Riau lebih baik.

Sebagaimana diketahui, dari 548 kepala daerah se Indonesia, Gubernur Riau, Syamsuar termasuk dari 20 orang kepala daerah yang terpilih mengikuti Rising Fellowship Programme (RFP) di Singapura. Delapan diantaranya adalah gubernur dan juga para walikota.

Program pendidikan kepemimpinan ini merupakan gagasan Presiden RI Joko Widodo untuk menambah wawasan kepala daerah dalam mewujudkan Indonesia maju dan seluruh biaya ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara.

Baca Juga :  Temui Wamen Desa PDTT, Gubri Minta Perhatian Desa di Perbatasan

“Alhamdulillah selama mengikuti program Rising Fellowship Programme (RFP) bagi kepala daerah, sebagai hasil kerjasama Civil Service College (CSC) Singapura dengan LAN RI, memberi saya banyak pengalaman dan inspirasi untuk Provinsi Riau,” kata Syamsuar.

Selama kegiatan, cerita Syamsuar, ia diajak berdiskusi dan belajar tentang banyak hal. Diantaranya mengenai inovasi, kreativitas dan Revolusi Industri 4.0. Serta meninjau Politeknik Republik yang memamerkan kerja mekanik (robot).

“Saya juga mempelajari bagaimana promosi dan strategi pariwisata Singapura. Bagaimana negara ini membangun destinasi pariwisata dengan cara tidak hanya mengharapkan pemerintah, namun melalui pihak swasta,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  131 Kasus Covid-19 di Riau Hari Ini, 55 Pasien Sembuh

Syamsuar juga berkesempatan bertemu Menlu Singapura dan Dubes Indonesia. Banyak narasumber lintas negara yang memberi materi, termasuk Kepala BKPM Singapura dan berbagai pejabat Kementerian Singapura. Selain itu, hadir Menteri Bappenas dan CEO Temasek Foundation. Dimana penutupan hari ini oleh Wakil PM Singapura.

“Pariwisata kapal pesiar juga bertambah di Singapura, seiring dengan tersedianya pelabuhan di Belitung. Untuk Sumatera, sekarang ini mereka (Singapura, red) merencanakan keliling mulai dari Aceh sampai Jawa. Saya telah menawarkan mereka bisa singgah di Pelabuhan Dumai dan Pulau Rupat. Melihat keindahan Bumi Lancang Kuning,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Hari Ini 10 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh

Ia berharap, nantinya berbagai ilmu dan pengalaman dari kegiatan ini, bisa memberi manfaat lanjutan untuk membawa Riau lebih baik. “Insya Allah. Amin,” harap Syamsuar. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *