Gegas Karmila Siak, Jemput Bola Pasien untuk Warga Miskin

Bupati Siak Alfedri saat menyerahkan sepeda motor untuk pelayanan kesehatan.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Diskes Siak berikan 4 unit sepeda motor ‘Gegas Karmila’ (Gerakan Petugas Kunjungi Keluarga Miskin Dan Lansia). Untuk UPTD Puskesmas Mempura, Sungai Apit, Koto Gasib, dan Pusako.

Kadis Kesehatan Kab Siak Tony Chandra menuturkan, inovasi ini untuk memudahkan warga miskin dan Lansia yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sehingga mereka tidak perlu repot lagi harus datang ke puskesmas.

“Iya, Gegas Karmila ini untuk memudahkan warga miskin dan Lansia yang ingin berobat” ujar Tony Chandra, Senin (25/1172019).

Baca Juga :  Polres Kepulauan Meranti Bagikan 1.000 Masker Kain

Selain itu kata dia, jika petugas Gegas Karmila ini terlambat datang kerumah warga miskin dan Lansia, maka petugas tersebut dikenakan sanksi denda, berupa sembako untuk diberikan kewarga tersebut.

Penyerahan kendaraan roda dua ‘Dinda Gegas Karmila’ tersebut dilakukan oleh Bupati Siak Alfedri didampingi Kadis kesehatan Tony Candra kepada Kepala UPTD Puskesmas terkait usai Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019 di halaman kantor Bupati Siak.

Ditemui usai acara Bupati Siak Alfedri mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Diskes tersebut. Ini salah satu upaya dalam rangka memberikan pelayan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. khususnya untuk warga sangat miskin, lansia dan Disabilitas.

Baca Juga :  Jubir Covid-19 Riau: Sayang Keluarga Jangan Balik Kampung

“Tentunya kami mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Dinas kesehatan. Ini upaya ‘jemput bola’ dalam ramgka memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat” sebut Alfedri.

Nanti lanjut dia, setiap warga miskin dan Lansia rumahnya akan ditempel stiker/label dan kentongan sebagai tanda warga miskin yang diberikan pelayanan kesehatan gratis.

“Petugas dari Puskesmas yang sudah di tunjuk akan datang kerumah warga yang sakit, setelah dihubungi melalui handphone maupun kentongan” jelas Alfedri.

Di kesempatan itu diserahkan 94 penghargaan, diantaranya untuk Forum Kabupaten Sehat, RSUD Tengku Rafian, Puskesmas terbaik, Tenaga Medis Teladan dan Kader Posyandu dan Lansia. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *