Ormas Berkualitas Mitra Pemerintah dalam Pembangunan

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari.

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemberdayaan Masyarakat (Kesbangpolpenmas) menggelar kegiatan pembinaan partai politik dan organisasi masyarakat tingkat Kota Tanjungpinang, Selasa (3/12). Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Tanjungpinang ini bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap UU tentang Organisasi Kemasyarakatan khususnya Permendagri no 57 tahun 2017.

Kegiatan yang dihadiri pengurus organisasi masyarakat dan utusan partai politik ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari. Selain meningkatkan pemahaman, kegiatan juga bertujuan mewujudkan organisasi masyarakat yang berkualitas.

Baca Juga :  Jadikan Kepri Pusat Tahfiz Dunia

Pemahaman terkait Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 sangat penting diketahui bagi setiap pengurus maupun anggota organisasi masyarakat terutama dalam hal pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan. Penguatan ideologi Pancasila dan UUD 1945 merupakan roh yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara untuk tetap menjaga keamanan dan kemajuan bangsa.

Dalam sambutannya, Sekda Teguh menyampaikan bahwa peran serta ormas sangat diharapkan sebagai mitra dari pemerintah dalam mensukseskan pembangunan daerah sesuai dengan Visi dan Misi Kota Tanjungpinang. Ormas berkualitas, katanya, juga dapat menciptakan stabilitas di masyarakat dan dapat meminimalisir potensi konfilik. Untuk itu kegiatan ini akan difokuskan pada penguatan kapasitas ormas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Kepri Harus Mandiri Pangan

“Saya mengharapkan agar semua hadirin yang mengikuti kegiatan ini dapat dengan serius memperhatikan penjelasan dari narasumber. Semoga setelah pelatihan ini, organisasi masyarakat yang ada di Tanjungpinang semakin berkualitas agar dapat menjadi mitra bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Ahmad Nur Fatah menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh 150 anggota perwakilan ormas dan 50 utusan partai politik yang ada di Kota Tanjungpinang. Fatah juga menjelaskan bahwa kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kemendagri, Polres Tanjungpinang, Akademisi Stisipol, dan Inspektur Daerah Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Terjawab Sudah, UAS Tetap Tolak Dijadikan Cawapres

“Semoga dengan telah terlibatnya banyak elemen masyarakat dapat menciptakan kondusifitas dan menguatkan peran ormas di lingkungan masyarakat,” tutupnya.(RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *