Pemcam Bukit Batu Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan

Lokakarya mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan di Kantor Camat Bukit Batu

RiauKepri.com, BUKITBATU – Pemerintah Kecamatan Bukit Batu menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor bidang kesehatan tingkat kecamatan, Senin (9/12/2019) lalu di Aula Kantor Camat.

Pantauan media ini pada pembukaan lokakarya tersebut dihadiri oleh Camat Bukit Batu Mulyadi, SH.MH, Danramil Bukit Batu, Perwakilan Kapolsek Bukit Batu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Bengkalis Alwizar, SKM
Kabid Yankes Imam Subchi, SKM
Korwilcam Pendidikan Bukit Batu.

Selain itu terlihat juga Kepala UPTD se kecamatan Bukit Batu,
Kepala Desa se kecamatan Bukit Batu,
Staf Puskesmas Sungai Pakning dan peserta Lokakarya.

Lokakarya mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan di Kantor Camat Bukit Batu

Camat Bukit Batu Mulyadi, SH.MH dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Lokarya Mini Lintas Sektoral di Bidang Kesehatan tersebut, mengharapkan peran serta masyarakat untuk melakukan Pencegahan (Preventif) terhadap Permasalahan kesehatan yang ada.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Lindungi 17.000 Honorer

“Masyarakat harus berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan terhadap permasalahan kesehatan, seperti pencegahan kasus DBD, yaitu dengan melakukan gotong royong masal, baik di masyarakat maupun di sekolah – sekolah berhubung dengan peningkatan kasus DBD pada tahun 2019,” tutur Mulyadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Kabid P2P Alwizar, mengatakan bahwa untuk menggalakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) dan mensosialisasikan kegiatan Germas ini ke sekolah – sekolah maka diperlukan dukungan dari pihak lintas sektor.

Baca Juga :  Pekanbaru, Pusat Pemerintahan Kesultanan Siak saat Konfilk dengan Belanda

“Kita berharap dan mendorong untuk Kegiatan Germas di masyarakat, diharapkan setiap desa agar dibentuk Posbindu PTM ( Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular Red).
Dan untuk menurunkan Angka Stunting, maka harus dimulai dari Posyandu yang dikelola dengan baik,” kata Alwizar.

Lokakarya mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan di Kantor Camat Bukit Batu

Dikatakan Alwizar Diskes Kabupaten Bengkalis mengharapkan dukungan dari pihak kecamatan dan lintas sektor agar mensukseskan program – program kesehatan di tingkat kecamatan.

Hal senada disampaikan Kepala UPT Puskesmas Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu dr. Dian Putri Madanisti,
dia menyampaikan bahwa Lokmin ini merupakan agenda untuk menyampaikan Evaluasi kerja UPT Puskesmas Sungai Pakning, dan diharapkan saran dari Lintas Sektor untuk Peningkatan Program Kinerja Puskesmas.

Baca Juga :  Pemprov Riau akan Terus Kerja Sama Berantas Pungli

“Dengan adanya saran dan masukan dari lintas sektor, maka kami UPT Puskesmas Sungai Pakning dapat menjalankan tugas dengan optimal,” kata Dian.

Lokmin tersebut diisi dengan penyampaian capaian Program 2019 oleh Ners. Jumilah , S.Kep, yang berisi penyampaian 10 penyakit terbesar, Capaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) Puskesmas tahun 2019. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan tanya jawab yang dipimpin langsung oleh Camat Bukit Batu Mulyadi, bersama Kabid P2P Diskes Alwizar. (RK4)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *