Syamsuar: Mari Beralih ke Tanaman Ramah Lingkungan

Gubernur Syamsuar.

RiauKepri.com, PEKANBARU-
Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, mengajak agar masyarakat beralih ke tanaman yang lebih ramah lingkungan. Apalagi di Riau ini banyak tanaman ramah lingkungan yang variatif dari hasil perkebunan dan pertanian.

Apa yang disampaikam Syamsuar pada saat rapat koordinasi dengan Forkopimda dan bupati/walikota se Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu (11/12/2019), ini dalam upaya menyikapi kelapa sawit kini tidak lagi menjanjikan sebagai komoditas utama di Provinsi Riau. Tidak stabilnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit, membuat petani sawit menjerit.

Baca Juga :  Mantap, Tanah Adat/Ulayat Bisa Disertifikat, LAMR Ucap Terima Kasih Pemerintah

“Adanya peralihan tanaman ini dipastikan tidak menganggu penghasilan petani sawit di Riau. Hanya saja, contohnya sudah banyak petani sawit yang mengalih fungsikan lahannya, menjadi lahan persawahan, perkebunan ubi gajah, dan lainnya,” ungkap Syamsuar kepada Wartawan.

Meskipun harga TBS kelapa sawit kelompok umur 10-20 tahun periode 11-17 Desember 2019, mengalami kenaikan harga menjadi Rp1.844,29 kilogram, namun nominal itu belum dirasakan sampai ke petani.

Syamsuar membeberkan, pada tanggal 16 Desember 2019 mendatang pihaknya akan melaksanakan pertemuan penghasil sawit se Indonesia di Pekanbaru.

Baca Juga :  Pemkab Siak Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Pelaku UMKM

“Insya Allah, kami terus memperjuangkan hak petani sawit. Agar kesejahteraan petani sawit bisa meningkat,” jelas Syamsuar. (RK1/*)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *