Bappeda Bengkalis Percepat Perencanaan Program Tahun 2020

RiauKepri.com, BENGKALIS – Dalam menyongsong perencanaan pembangunan tahun 2021, Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis sudah mulai mengagendakan jadwal dan tahapan proses perencanaan lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Saat ini Bappeda Bengkalis sedang membentuk tim, menyusun shedule dan mengumpulkan data untuk menyusun Dokumen Rancangan Awal RKPD tahun perencanaan 2021.

Demikian disampaikan Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Drs. Yuhelmi melalui Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, M. Firdaus, SE, M.Si, Jumat (13/12/2019), dikatakannya pada tahun 2020 Kabupaten Bengkalis dan beberapa daerah di Provinsi Riau akan melaksanakan helat demokrasi yaitu pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September 2020.

Baca Juga :  Ini Harapan Gubernur Syamsuar Saat Hadiri Launching Polisi RW Polda Riau

“Salah satu dokumen penting yang akan segera disiapkan adalah Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis. Hal ini sangat penting karena dokumen ini berisikan analisa dan perumusan tentang kondisi daerah, keuangan daerah, permasalahan pembangunan daerah dan isu-isu strategis pembangunan daerah lima tahun akan datang yang dikaji secara ilmiah,” kata Firdaus.

Lebih lanjut dikatakan Firdaus setelah dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD ini selesai disusun, kemudian akan disampaikan kepada Bakal Calon kepala daerah dan Wakil kepala daerah Bengkalis, sebagai rujukan untuk menyusun visi dan misi mereka.

Baca Juga :  Bertanjak (bagian I), Oleh: Jefri al Malay

“Kami berharap nantinya visi dan misi yang mereka usung, telah mempertimbangkan hasil analisa dan perumusan sebagaimana yang dimuat dalam dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD tersebut, karena penyusunan dokumen tersebut menggunkan pendekatan kerangka berpikir ilimiah dan sangat tepat menjadi landasan menyusun visi dan misi Kepala Daerah,” katanya.

Menurut Firdaus, Visi dan Misi setiap calon kepala daerah silakan berbeda, tapi tujuan akhirnya tetap satu yaitu bagaimana mewujudkan pemerataan pembangunan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Selain mempercepat proses perencanaan, kami juga terus meningkatkan komunikasi dengan DPRD Bengkalis, yang sudah terjalin dengan baik selama ini, dengan berkoordinasi untuk meminta saran dan pendapat, karena sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang, Pemerintah Daerah dan lembaga DPRD adalah penyelenggaraan pemerintahan di daerah, artinya keduanya memiliki fungsi dan tanggungjawab yang sama dalam memajukan daerah, oleh karena itu keduanya harus bersinergi, sama langkah dan geraknya dalam menyusun program pembangunan Kabupaten Bengkalis.” tuturnya. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *