Disnakertrans Sosialisasikan UMK Dumai ke Perusahaan Parulian; Berlaku 01 Januari 2020

Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE sedang meneliti surat penting

RiauKepri.com, DUMAI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai sosialisasikan upah minimum kota (UMK) tahun 2020.

Sosialisasi dapat dilakukan setelah Walikota Drs H Zulkifli AS MSi menandatangani Surat Edaran (SE) tentang UMK Dumai tahun 2020.

Dalam SE Walikota Dumai No. 561/2139/ DISNAKERTRANS tanggal 3 Desember 2020 kepada pimpinan Perusahaan Swasta, BUMN dan BUMD kota Dumai ditegaskan bahwa sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau (Gubri) tentang Upah Minimum Kabupaten/ Kota se Riau tahun 2020, UMK Dumai telah disetujui Rp 3.383.834,29,-.naik 8,51 persen.

Menurut Wako Dumai, UMK Dumai tahun 2020 tersebut hanya diberlakukan bagi pekerja/ buruh dengan masa kerja kurang dari satu (1) tahun.

Baca Juga :  Mantap, Riau dan Sumsel Sepakat Bersama Mengatasi Karhutla

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai H Suwandy SH M.Hum melalui Sekretaris MT Parulian Siregar SE menjelaskan, SK Gubernur Riau tentang UMK Dumai disosialisasikan dengan cara mengirim surat edaran Walikota Dumai ke perusahaan Swasta, BUMN dan BUMD di Dumai.

Biasanya, SE Walikota Dumai tentang UMK Dumai tahun 2020 juga dikirim ke Serikat Pekerja dan Serikat Buruh (SP/SB) Dumai.

Bahkan perusahaan BUMN dan perusahaan BUMD sudah bisa mengambil surat edaran Walikota Dumai tentang UMK Dumai tahun 2020 ke kantor Disnakertrans Dumai.

Baca Juga :  Polisi Dikabarkan OTT Pungli di STAIN Bengkalis

“Diinformasikan kpd seluruh BUMN/BUMD se Kota Dumai bahwasanya Surat Edaran Walikota perihal UMK Dumai tahun 2020 sdah bisa diambil di Disnakertrans ruangan Hubungan Industrial dan Syarat Kerja. Trim’s,” tulis Gurniawan, staf Bidang HI dan Syaker Disnakertrans Dumai melalui aplikasi WA kepada riaukepri.com Jumat sore ini.

Menurut Parulian, mengacu kepada SE Walikota Dumai, UMK Dumai berlaku 01 Januari 2020.

“UMK Dumai berlaku sejak Januari 2020. Untuk itulah surat edaran segera dikirim ke perusahaan Dumai,” kata Parulian Siregar kepada RiauKepri.com.

Baca Juga :  Pjs Bupati Inhil Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dalam SE Walikota Dumai tersebut kata Parulian, ditegaskan juga bahwa sesuai PP No. 78/ 2015 tentang pengupahan pasal 14 ayat 2, perusahaan wajib menyusun dan memberikan upah pekerja sesuai dengan struktur skala upah dengan memperhatikan jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi.

Sesuai data yang diterima riaukepri.com menjelaskan, UMK Dumai tahun 2020 sebesar Rp 3.383.834,29 sudah sah dan akan berlaku mulai 01Januari 2020 mendatang.

Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang telah ditetapkan. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *