Mediasi Membuahkan Hasil, Ini Besaran yang Dibayar PT Everbright di Dumai

Kabid HI dan Syaker Dianakertrans Dumai Irwan S.Sos memberikan penjelasan kepada Riau-Kepri.com Senin pagi ini.

RiauKepri.com, Dumai- Upaya mediasi yang dilaksanakan Disnakertrans Dumai dalam penyelesaikan hubungan industrial membuahkan hasil. Sesuai kesepakatan PT Everbright akhirnya bersedia membayar dana kompensasi sebesar Rp 15 juta kepada pekerja atas nama Jumia

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dianakertrans) Kota Dumai melalui Kabid Hubungan Industri dan Syarat Kerja (HI dan Syaker) Irwan S.Sos menjelaskan bahwa perselisihan hubungan industrial antara PT Everbright dan pekerja atas nama Jumia dapat diselesaikan pada klarifikasi III/ sidang mediasi III Rabu (17/12/19)

Baca Juga :  PMII Sebut Ada Oknum Yang Ingin Pecah Belah Pemuda Bengkalis

Dijelaskan, Alfiandri sebagai perwakilan pengusaha (PT Everbright) dan Jumia (pekerja) telah menandatangani surat perjanjian bersama diatas materai Rp 6.000,-.

Menurut Irwan, berdasarkan ketentuan pasal 13 ayat 1 UU Nomor 2 Tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan Hubungan Industrial, antara Pihak Pengusaha dan Pihak Pekerja, telah tercapai kesepakatan penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui Mediasi.

Dalam surat perjanjian bersama tersebut bahwa pihak perusahaan. PT Everbright akan membayarkan kompensasi/uang pisah kepada Pekerja sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Bukan saja membayar dana kompensasi, pihak perusahaan juga mengeluarkan Surat Keterangan Berhenti Bekerja untuk pengklaiman BPJS Ketenagakerjaan. Ijazah asli pekerja (Jumia) juga akan dikembalikan pihak perusahaan.

Baca Juga :  MPC PP Bengkalis Laksanakan Bhakti Sosial di Panti Asuhan Sayang Omak

“Apabila kedua belah pihak mengingkari perjanjian bersama ini maka kedua belah pihak akan dituntut sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, ” tegasnya.

Kata Irwan, dengan dibayarkannya uang pisah tersebut tersebut maka tidak ada tuntutan lain selain yang diperjanjikan para pihak.

Surat perjanjian bersama tersebut ditandatangani pihak perusahaan PT. Everbright Alfiandri, pihak pekerja Jumai dan diketahui Mediator Hubungan Industrial Irwan, S.Sos.

“Pihak perusahaan berjanji membayarkan dana kompensasi kepada pekerja secepat mungkin,” kata Irwan kepada Riau-Kepri.com Rabu sore ini. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *