Sudah Berlaku 1 Januari, UMK Dumai Tahun 2020 Wajib Dipatuhi

Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE bersama Wawako Dumai Eko Suharjo SE.

RiauKepri.com, DUMAI- Upah Minimum Kota (UMK) Dumai tahun 2020 wajib dipatuhi pmerusahaan di Dumai. Sesuai surat edaran (SE) Walikota Dumai, UMK Dumai berlaku sejak 1 Januari 2020, dengan besaran Rp 3.383.834,29,-.naik 8,51 persen.

“Ya, wajib dipatuhi perusahaan. Hal ini sesuai surat edaran walikota Dumai yang sudah dibagikan ke perusahaan di Dumai,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai H Suwandy SH M.Hum.

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Disnakertrans sudah mendistribusikan Surat Edaran (SE) walikota Dumai tentang UMK tahun 2020 ke sejumlah perusahaan di Dumai.

Sesuai SE tersebut, UMK Dumai sudah berlaku 1 Januari 2020. Perusahaan wajib menyusun dan memberikan upah pekerja sesuai dengan struktur skala upah dengan memperhatikan jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi.

Baca Juga :  Fatmawati Ketua LPKS Dumai

Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang telah ditetapkan.

Namun tak tertutup kemungkinan ada perusahaan yang belum mampu memenuhi ketentuan tersebut.

Perusahaan bisa saja menunda pembayaran dengan membuat pemberitahuan resmi ke Disnakertrans Dumai.

“Untuk perusahaan yang belum sanggup membayar tepat waktu (Januari) bisa, mengajukan penundaan pembayaran dengan membuat surat pemberitahuan ke Disnakertrans,” kata Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE kepada Riau-Kepri.com siang ini.

Untuk diingat, surat edaran tentang UMK Dumai tidak saja dikirim.ke perusahaan, tapi dikirim juga ke serikat pekerja dan serikat buruh (SP/SB) Dumai, anggota DPRD Dumai, Kadin dan Apindo Dumai.

Baca Juga :  Waw! Mahasiswa Unilak Juara Satu Debat Nasional di Gorontalo

Pihak lain yang membutuhkan bisa mengambil dokumen UMK Dumai tahun 2020 ke kantor Disnakertrans Jalan Kesehatan No. 05 Dumai.

“Ya, surat edaran Walikota Dumai sudah didistribusikan, tapi kalau ada pihak lain yang memerlukan dokumen UMK Dumai bisa diambil disini,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial (HI) dan Persyaratan Kerja (Syaker) Disnakertrans Dumai Irwan S.Sos

Sesuai data yang diperoleh riaukepri.com dalam SE Walikota Dumai No. 561/2139/ DISNAKERTRANS tanggal 3 Desember 2020 kepada pimpinan Perusahaan Swasta, BUMN dan BUMD kota Dumai ditegaskan bahwa sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau (Gubri) tentang Upah Minimum Kabupaten/ Kota se Riau tahun 2020, UMK Dumai telah disetujui Rp 3.383.834,29,-.naik 8,51 persen.

Baca Juga :  Syamsuar: Macam Mimpi Rasanya Bisa Berkodak dengan Datuk Mahathir

Menurut Wako Dumai Drs H Zulkifli AS MSi, UMK Dumai tahun 2020 tersebut hanya diberlakukan bagi pekerja/ buruh dengan masa kerja kurang dari satu (1) tahun.

“SK Gubernur Riau tentang UMK Dumai disosialisasikan melalui surat edaran Walikota Dumai ke perusahaan Swasta, BUMN dan BUMD di Dumai,” tambah Irwan. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *