Berdelau, Peduli Pada Keagamaan Gubri Terima Penghargaan dari Menag

Gubernur Syamsuar saat meberima penghargaan dari Menag.

RiauKepri.com, JAKARTA– Memang berdelau, karena kepeduliannya dan memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MS.i menerima penghargaan dari Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Penghargaan ini bersempena Malam Tasyakuran dalam rangka Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama 2020.

Selain Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Kalbar, juga mendapat penghargaan. Begitu juga bupati Bolaangomodo Selatan, Sulut, bupati Bondowoso, Jatim dan walikota Kupang.

Gubernur DKI misalnya, antara lain menghibahkan dana sebesar Rp400 miliar untuk membantu guru agama. Gubernur Kalbar menghibahkan tanah untuk asrama haji lebih dari 23 ha.

Baca Juga :  Hari Adhyaksa ke 59, Kejaksaan Negeri Bengkalis Gelar Festival Layang

Sementara Gubri Syamsuar antara lain telah menghibahkan tanah untuk 56 lokasi KUA. Bupati Bondowoso menghibahkan dana sebesar Rp18 miliar untuk pendidikan agama dan Walikota Kupang Menghibahkan dana Rp942 miliar untuk rumah ibadah Budha.

Perlu juga diketahui, sejak dilantik sebagai Gubri, Syamsuar telah membuat berbagai terobosan dan kebijakan dalam bidang keagamaan.

Misalnya, Gubri melakukan konversi Bank Riau Kepri dari konvensional menjadi syari’ah.

Gubri juga mewajibkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau untuk membayar zakat penghasilan (gaji/penghasilan bulanan).

Baca Juga :  Zulmansyah: Setiap Pemberitaan Wajib Di Saring dan ''Cover Both Side''

Ternyata cukup signifikan. Paling tidak saat ini terkumpul sekitar Rp10 miliar per bulan dari zakat para ASN.

Baru-baru ini, Gubri juga meluncurkan gerakan infaq Rp1000 per hari. Jika ini berjalan dengan baik, diharapkan tidak kurang dari Rp5 miliar terkumpul dalam satu hari, mengingat jumlah penduduk Riau saat ini sekitar 7 juta orang. Dimana mayoritas beragama Islam.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka Hari Amal Bakti ke-74 Kemenag RI Tahun 2020. Acara digelar di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta. (RK1/*)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *