Alamak, KPK Tetapkan 10 Tersangka Proyek Jalan di Bengkalis Era Bupati Herliyan

Logo KPK (net)

RiauKepri.com, PEKANBARU– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 10 orang tersangka dalam pengembangan dari penyidikan dugaan korupsi di Kabupaten Bengkalis. Yang mana, dugaan korupsi itu terkait proyek pembangunan jalan di Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2012-2015.

Penetapan 10 orang tersangka tersebut, disampaikan langsung oleh Ketua KPK, Firli Bahuri yang didampingi oleh Juru Bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri, dalam konferensi persnya di gedung Merah Putih, Jumat (17/1) malam.

Diterangkan mantan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) itu, bahwa proyek pembangunan jalan di Kabupaten Bengkalis tersebut, menelan dana sebesar Rp2,5 Triliun.

Baca Juga :  Habitat Gajah Sumatera di Riau Mencapai 179 Ekor

“Jadi proyek ini, ada 6 paket pekerjaan. Dan setelah dilakukan pemeriksaan saksi dan barang bukti, ditemukan tindak pidana korupsi,” ucap Firli.

Terkhusus 4 paket pekerjaan (dari 4 paket pekerjaan), dilanjutkan Firli, pihaknya menetapkan 10 orang tersangka.

“Para tersangka berinisial MN, MB, HS, IKS, TAK, IGS, DH, RP, VS dan SH,” lanjutnya.

Dijelaskannya, adapun 4 pekerjaan yang bermasalah itu, yakni proyek jalan di Lingkar Bukit Batu-Siak kecil. Adapun kerugian negaranya sebesar Rp156 miliar. Kemudian proyek jalan Lingkar Pulau Bengkalis, dengan kerugian negara sebesar Rp126 miliar.‎ Selanjutnya proyek jalan Lingkar Barat Duri, dengan nilai kerugian negara sebesar Rp152 miliar. Terakhir proyek jalan ‎Lintas Timur Duri, yang merugikan keuangan negara sebesar Rp41 miliar.

“Ini paket multiyears ditahun jamak. Total kerugian negara sebesar Rp475 miliar. Ini berdasarkan keterangan ahli dalam perhitungan kerugian negara. Yang jelas ini tidak berhenti disini,” jelasnya.‎
‎‎
Terhadap 2 paket pekerjaan lagi, ditambahkan Firli, pihaknya masih terus bekerja dalam rangka penyidikan.
“2 paket lagi masih dalam penyidikan,” tambahnya.

Baca Juga :  30 Hari BPK RI Perwakilan Riau Lakukan Pemeriksaan Keuangan Bengkalis

sumber: kompas.com, igkpk

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *