Bupati Siak Lantik 5 Penghulu Terpilih di Sungaiapit, Ini Pesan Alfedri

Alfedri saat melantik 5 Penghulu di Sungaiapit.

RiauKepri.com, SIAK– Bupati Siak, Alfedri, menyampaikan selamat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab demi kemajuan kampung kepada 5 Penghulu terpilih yang baru saja dilantik. Hal ini disampaikan pada kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penghulu Terpilih Masa Jabatan 2020-2026, di Lapangan Sepak Bola Teluk Masjid, Kecamatan Sungai Apit, Rabu, 22 Januari 2020.

“Selamat kepada para Penghulu yang dilantik pada hari ini, semoga amnah dan bisa menjalankan tugas dengan baik” kata Alfedri.

Alfedri bilang, proses pemilihan Penghulu dari awal sampai pelaksanaan pemilihan tentu diwarnai dengan banyaknya perbedaan pilihan. Namun, diharapkan perbedaan itu tidak membuat jarak, permusuhan antara pendukung satu dengan yang lain.

Baca Juga :  Puncak Raja Ampat Terbakar, Petugas Sulit Padamkan Api

“Penghulu yang baru saja dilantik secara sah menjabat Penghulu dan harus mampu menyatukan semua perbedaan, membangun kampung bersama-sama agar menjadi lebih baik” ucapnya.

Alfedri berpesan, Penghulu yang baru saja dilantik memiliki kewenangan, hak, fungsi, tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan. Terkait hal itu, Penghulu harus segera melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen, menyatukan komitmen guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutan tersebut, Bupati Siak menyampaikan rasa terima kasih kepada penghulu sebelumnya atas pengabdiannya. Juga kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan pemilihan Penghulu Kampung Serentak di Kabupaten Siak Tahun 2020, mulai tahap awal sampai pelantikan.

Baca Juga :  Gubernur Riau Terpilih Ajak Semua Masyarakat Mendoakan Aziz Zaenal

Sementara, Penghulu Teluk Masjid Ferli Sunarya mengatakan dirinya akan melanjutkan program yang sudah baik dan memperbaiki yang belum baik.

Ia katakan salah satu program prioritasnya adalah pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan untuk perkebunan. Karena kata dia, masyarakat kampung Teluk Mesjid rata-rata memiliki kebun sawit.

“Roda perekonomian akan semakin cepat berjalan jika infrastruktur untuk masyarakat kita benahi” sebutnya.

Kemudian program kedua adalah menjaga hutan dan lahan diwilayahnya tidak terbakar lagi. “Saat ini pemerintah kampung Teluk Masjid telah menerima bantuan alat berat untuk membuat embung-embung penampung air di lokasi yang rawan terbakar” imbuhnya.

Lima Penghulu yang dilantik oleh Bupati Siak tersebut adalah, Penghulu Teluk Masjid, Penghulu Harapan, Penghulu Parit Satu Dua, Penghulu Mengkapan dan Penghulu Sungai Rawa (periode kedua).

Baca Juga :  FIB Unilak Taja Pratikum Budaya di Desa Bokor

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kab Siak Yurnalis, Pelantikan Penghulu ini memang terpisah karena masa jabatan penghulu yang lama belum berakhir.

“Ya, tentu ini tidak bisa digabung dengan pelantikan Penghulu sebelumnya, karena sisa masa jabatan penghulu yang lama belum selesai” ujarnya.

Di pengunjung acara, Bupati Siak bersama Anggota DPRD Siak Dapil 1, Camat Sungai Apit, Koramil, Kapolsek dan Kepala KUA menanam bibit buah-buahan di pinggir lapangan sepak bola Teluk Masjid. (RK7/*)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *