Tim Dosen Unilak Bantu Masyarakat Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Tim Dosen Unilak foto bersama warga Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukitraya, Kota Pekanbaru.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Tim Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak), baru-baru ini melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang pengelolaan keuangan rumah tangga dengan prinsip 50,30,10,10 pada kelompok ibu PKK RT 04 /RW10, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukitraya, Kota Pekanbaru.

Tim Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Dosen Akuntansi Universitas Lancang kuning yang diketuai oleh Indarti, SE.,MM.,Ak.,CA, didampingi Ika Berty Apriliani, SE.,M.Ak.,Ak.,CA dan Zaharman, SE.,M.Si.,Ak.

Ketua Tim Pengabdian, Indarti menyampaikan, adanya sosialisasi ini akan memberikan manfaat bagaimana mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Untuk itu diharapkan bagi Kelompok arisan ibu- ibu PKK RT 04 RW 10 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukitraya, Kota kedepannya melaksanakan pengelolaan keuangan rumah tangga dengan metode 50-30-10-10 sesuai yang disampaikan oleh Tim PKM Unilak. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian yang lebih baik dan mandiri.

Baca Juga :  UEK Perdana Mandiri Sejahtera Pakning Gelar Gebyar Bagi Hasil Tutup Buku 2018

Metode 50-30-10-10 adalah langkah awal untuk mengatur keuangan dengan mencatat keluar masuknya
uang setiap bulannya, kemudian dari data tersebut, pisahkan dana sesuai dengan pembagian keuangan yang baik. Salah satu prinsip pembagian keuangan yang cukup efektif adalah 50-30-
10-10 dengan rincian yaitu 50 persen dari pendapatan bulanan untuk pengeluaran kebutuhan, 30 persen pendapatan bulanan untuk cicilan,10 persen dari pendapatan untuk tabungan atau investasi dan 10 persen pendapatan bulanan untuk hiburan.

Dijelaskannya, dengan selalu disiplin dalam melakukan pencatatan sederhana atas keluar masuknya uang yang diperoleh dan mengalokasikannya sesuai dengan yang sudah direncanakan, maka akan memudahkan untuk mengetahui kondisi keuangan keluarga yang sebenarnya, dan tentunya jika dalam pelaksanaannya terdapat kendala, maka kelompok arisan ibu-ibu PKK disarankan untuk selalu melakukan mengkomunikasikan dengan tim PKM Unilak, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Enaknya Mahasiswa Unilak, Terima Beasiswa Dapat Biaya Hidup, Tapi...

Sementara itu Ketua RT 04 RW 10 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukitraya Kodya Pekanbaru, Larna menyampaikan kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM Universitas Lancang Kuning ini sangat positif. Begitu antusias peserta sosialisasi yang bertanya dan merasakan manfaat atas pengetahuan yang diberikan oleh Tim PKM Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi ini, dan diharapkan dapat langsung diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari dalam mengelola keuangan rumah tangga wargana.

Bahkan Larna juga menyampaikan agar kegiatan ini dapat terus dilakukan sehingga diharapkan akan menambah wawasan bagi warganya. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *