Mantapkan Pelaksanaan Program Kerja 2020, Diskop UMKM Bengkalis Perkuat Sinergi Internal dan Eksternal

Foto bersama Kepala dan Staff Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis

RiauKepri.com, BENGKALIS – Dalam rangka pemantapan dan penyamaan persepsi terhadap pemantapan pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pemberdayan tahun 2020, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat internal di Kantor Diskop jalan Pertanian kota Bengkalis, Senin (27/01/20).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Diskop UKM Herman Achmad. Dalam kesempatan itu herman mengatakan bahwa selain membahas kinerja tahun 2020, proses penyusunan program kerja tahun 2021, sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerja dan Fakta Integritas.

“Dalam kegiatan konsolidasi internal ini, meliputi seluruh bidang dan UPT se Kabupaten Bengkalis. Ini bertujuan untuk mewujudkan Koperas dan UMKM yang tangguh dan mandiri. Program ini memang diperlukan sinergitas dari seluruh komponen terkait, baik di internal maupun eksternal, “terang Herman ketika diwawancara wartawan, Senin (21/01/20).

Baca Juga :  PDIP Batal Laporkan SBY ke Polda Riau, Ini Alasannya

Dijelaskan Herman, kegiatan itu juga bertujuan agar seluruh Koperasi UMKM di Kabupaten Bengkalis bisa memberikan warna dan konstribusi yang siknifikan terhadap perekonomian.

Sedangkan program strategis yang telah canangkan, akan sesegera mungkin untuk dapat dilaksanakan.

“Untuk di sektor perkoperasian sekitar 350 koperasi yang kini masih aktif dengan jumlah anggota lebih dari 10.000 orang, kita diarahkan ke penguatan kelembagaan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus koperasi yang profesional untuk menumbuh-kembangakan usaha di sektor riil,” tambahnya.

Artinya, jika ratusan koperasi tersebut mampu menggerakkan usaha yang dimiliki secara optimal, maka akan memberikan keuntungan kepada seluruh anggotanya yang berjumlah cukup besar. Sedangkan di sektor UMKM, perlu diusahakan dari tingkat desa sampai perusahaan.

Baca Juga :  Wagubri: Kualitas Keimanan Modal Utama Masyarakat Madani

Apabila semua pihak bisa bersama-sama melakukan pembinaan secara kontinu dan komrehensip, maka akan ada ratusan bahkan ribuan UMKM dalam satu tahun yang tumbuh menjadi tangguh dan mandiri, sesuai data BPS ada sekitar 40.000 UMKM di Kabupaten Bengkalis.

“Berdasarkan paparan ini, tentunya kita yakin Koperasi dan UMKM dapat memberikan corak yang berarti terhadap perekonomian di Kabupaten Bengkalis. Dan dengan adanya peluang jalan tol Dumai-Pekanbaru, maka akses Dumai-Malaka akan menambah daya bangkit dalam usaha perkoperasian dan UMKM di Kabupaten Bengkalis,” tutup Herman. (RK4)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *