Dumai Predikat Nilai B, Zul AS Terima Hasil Evaluasi SAKIP Dari Kementerian PANRB

Wako Dumai Drs H Zulkifli AS didampingi Sekda Dumai DR Herdi Salioso SE usai menerima Hasil Evaluasi SAKIP dari Kementerian PANRB RI di Batam.

RiauKepri.com, DUMAI- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyerahkan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah kabupaten/kota wilayah I tahun 2019 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada Senin (10/02/2020).

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai hadir dalam penyerahan hasil evaluasi SAKIP kepada 185 Pemerintah Daerah (11 Provinsi dan 174 kabupaten dan kota) dari Kemeterian PANRB RI Tjahyo Kumolo tersebut.

“Alhamdulillah, dari penilaian yang sudah dilakukan oleh Kementerian PANRB, hasilnya Kota Dumai mendapat predikat nilai B,” jelas Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi melalui akun Facebook Zulkifli Official Senin (10/02/20) siang.

Baca Juga :  Mengikat Budaya di "Syair Pengikat"

Kata Zul AS, begitu panggilan akrab walikota Dumai, rombongan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai berangkat ke Batam dalam rangka menghadiri penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntanilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) dari kementerian PANRB yang diberikan langsung oleh Menteri Tjahyo Kumolo.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memimpin rombongan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kita Dumai DR Herdi Salioso SE bersama pejabat lain ikut dalam rombongan Pemko Dumai

Kata Zul AS, masyarakat patut bersyukur, karena hasil penilaian untuk Kota Dumai dapat dipertahankan, saqm seperti hasil sebelumnya.

“Kita patut bersyukur karena kita mempertahankan nilai yang sama pada tahun sebelumnya,” ujarnya dan berharap tahun 2020 kinerja aparat pemerintah semakin baik.

Baca Juga :  Wabup Buka Diklat DPM Angkatan XX Tahun 2019, Harap SDM Kedepan Dapat Kuasai Selat Malaka

“Semoga, ditahun 2020 ini kinerja aparatur pemerintah kita bisa semakin baik,semakin akuntabel sehingga capaian-capaian baik yang sudah kita raih bisa terus kita pertahankan,” harapnya.

Data yang diperoleh Riau-Kepri menyebutkan, penyerahan hasil evaluasi SAKIP terhadap pemerintah kabupaten/kota wilayah I, yang meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat dilaksanakan di Batam Senin.

Sebanyak 185 pemda yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota di Wilayah I.menerima.hasil evaluasi SAKIP tersebut.

Baca Juga :  Ketika Staf Takut Melapor Kepada Pimpinan, Ini Saran Tokoh Pers Kepada Syamsuar

Penerapan SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Setiap tahun, Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Evaluasi dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden No. 29/2014 tentang SAKIP.

Hasil evaluasi SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *