Nyat Kadir : Amalkan 4 Pilar Kebangsaan Dalam Kehidupan Sehari- hari

Anggota DPR RI, Drs H Nyat Kadir, sedang memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Gedung Gurindam, Sekupang, Batam, Minggu (9/2/2020)

RiauKepri.com, BATAM– Setiap negara mempunyai bentuk pilar dan dasar-dasar Negara. Begitu juga halnya dengan Indonesia. Negara Indonesia memiliki empat pilar dalam menjaga keutuhan negara.

Demikian disampaikan anggota DPR RI, Drs H Nyat Kadir di sela-sela sosialisasi empat pilar kebangsaan di Gedung Gurindam, Sekupang, Minggu (9/2/2020) malam.

Sosialisasi itu dihadiri ratusan warga, berlangsung tertib dan terjadi tanya jawab yang dinamis. Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber lainnya, M Nur, SH dan Syarifah Normawati, dosen.

Nyat Kadir mengatakan empat pilar kebangsaan itu merupakan pijakan bagi warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Sebagai warga bangsa yang baik dan taat aturan harus mengamalkan dan mengimplementasikan empat pilar itu dalam kehidupan sehari-hari. Sebab konsep empat pilar kebangsaan itu adalah untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti halnya membuat bangunan agar menjadi kokoh dan kuat tentu dibutuhkan pilar-pilar atau penyangga agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Begitu juga halnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, kata anggota Mahkamah Kehormatan Dewan ( MKD) itu.

Baca Juga :  Mantap, Bintan Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Menurut anggota Komisi VI DPR RI Dapil Kepri ini, sebagai warga Indonesia tentu harus memahami apa yang dinamakan dasar dan landasan negara. Di sinilah Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian UU 1945 lanjut anggota Fraksi Partai NasDem ini merupakan konstitusi negara. Dalam UU tersebut terdapat makna penting yang secara jelas terdapat dalam pembukaan dan batang tubuh UU tersebut.

“‎Melalui empat pilar kita bisa memahami tentang kebhinekaan tunggal ika.Meski dengan beragam perbedaan suku, agama, bahasa, tetapi tetap satu tujuan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Empat pilar juga bisa melahirkan rasa kebersamaan diantara sesama,” ujar mantan Walikota Batam ini.

Baca Juga :  Pimpin Rakor Proyek Gurindam 12, Gubernur: Kuatkan Sinergi, Percepat Pembangunan

Dalam sosialisasi itu turut hadir Camat Sekupang, Arman, Lurah Se-Kecamatan Sekupang,tokoh agama dan masyarakat.

Tak hanya itu dalam sosialisasi itu Nyat Kadir juga memberikan pertanyaan seputar empat pilar kebangsaan kepada warga. Warga pun berebutan untuk menjawab pertanyaan Ketua Lembaga Adat (LAM) Kota Batam tersebut.

Acara sempat dibuat riuh rendah dan tepukan tangan hadirin tatkala sebagian warga salah menyebut urutan Pembukaan UUD 1945.

Di tempat yang sama seorang peserta Andi menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab sosialisasi empat pilar ini menurut dia dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

Baca Juga :  Belanja Bintan Jadi Rp1,446 Triliun

“Ya, kita bisa memaknai pentingnya mengimplementasikan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sementara itu Camat Sekupang, Arman mengatakan, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga mereka dapat memahami nilai-nilai luhur yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan.

“Zaman sekarang tentu hal seperti ini sangat penting, jangan sampai kemajuan zaman menggerus wawasan kebangsaan,” ujarnya. (RK2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *