Pastikan tak Terjangkit Virus Corona, PT Pelindo Dumai Cek Fisik Penumpang LN di Ponton

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi melakukan pengecekan alat thermal scanner di.terminal PT Pelindo 1 Cabang Dumai belum lama ini.

RiauKepri.com, DUMAI- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Cabang Dumai melakukan cek fisik kepada setiap penumpang Verry luar negeri (LN) di ponton. Cek fisik dengan mengggunakan alat thermal scanner (pemindai suhu tubuh red) bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) itu dilakukan dalam upaya memastikan seluruh penumpang LN yang turun di terminal penumpang Pelindo Dumai tak tertular virus Corona.

“Kegiatan tersebut telah dilakukan mulai awal Januari 2020. Alhamdulillah masih berlangsung secara estafet hingga saat ini,” jelas General Manager (GM) PT Pelindo 1 Cabang Dumai melalui Manager Devisi Umum Farid.

Baca Juga :  Meraikan Kelisanan

Proses pengecekan, kata Farid dilakukan langsung di ponton tempat dimana kapal verry luar negeri sandar dan menurunkan penumpang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk antisipasi dan memastikan bahwa penumpang ferry yang tiba dari negara luar tidak terjangkit virus Corona. Dan jika penumpang tak terpapar virus Corona baru diizinkan turun dari ferry dan selanjutnya naik ke terminal, penumpang Pelindo 1 Cabang Dumai,” tuturnya.

Hoaks

Warga Kota Dumai sempat heboh ketika beredar postingan di media sosial (Facebook) yang menyatakan salah seorang Crew kapal tanker MT Sc Neptune asal Hongkong yang bersandar di Pelabuhan Dermaga B Pelindo Dumai terinveksi virus corona.

Baca Juga :  Melihat Perjuangan Satgas Karhutla Siak, Medan Berat Tak Surutkan Semangat Padamkan Api

Dalam postingan itu terlihat foto 3 orang petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) berpakaian lengkap anti virus dan membawa ambulans.

Dalam facebook itu, dinyatakan kalau salah seorang ABK kapal MT SC Neptune berkewarganegaan Cina positif terinveksi virus corona dan sedang dilakukan penanganan kesehatan.

Namun, ternyata postingan yang mendapatkan bebagai respon tinggi dan dibagikan oleh sejumlah akun media sosial lainnya itu tidak benar alias Hoax.

“Setelah ditelusuri ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai informasi terkait adanya ABK kapal yang terjangkit virus corona di dermaga Pelindo Dumai adalah tidak benar atau hoax,” ungkap Farid

Baca Juga :  Syamsuar: Tim Transisi Diajak Ikut Bahas RKPD 2019

Gambar yang beredar, ujar Farid, adalah kehati-hatian petugas KKP dalam melaksanakan tugas memeriksa ABK kapal asing bendera Hongkong dari Singapura yang bersandar di dermaga B PT Pelindo Dumai.

“Jadi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kewaspadaannya KKP, mereka berpakaian seperti itu dan setelah melakukan pengecekan, hasilnya tidak ada satupun ABK kapal yang suspek terinfeksi virus Corona,” tandasnya. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *