Bahan Baku Banyak, Usaha Pandai Besi Menjanjikan di Dumai

Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE.

RiauKepri.com, DUMAI- Pandai besi langka bahkan nyaris tak ditemukan. Pada hal, kebutuhan alat pertanian tinggi di Dumai.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai MT Parulian Siregar SE membenarkan hal itu.

“Usaha pandai besi sangat menjanjikan di Dumai. Selain bahan baku banyak, permintaan alat yang dihasilkan pandai besi sangat tinggi di daerah ini,” jelas Parulian Siregar kepada Riau-Kepri.com di ruang kerjanya Senin petang.

Menurut Siregar, Dodos kelapa sawit saja diimpor dari Malaysia. Begitu juga alat pertanian lainnya didatangkan dari daerah lain.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikkan HIMNI Bengkalis, Kasmarni Staf Ahli Bupati Ini Ajak Masyarakat Nias Seayun Selangkah Bangun Negeri

“Pandai besi sangat menjanjikan di Dumai. Untuk sepuh parang saja kemarin, saya bayar dua puluh ribu lae,” katanya.

Apakah ada rencana untuk melakukan pelatihan pandai besi di Dumai?. Parulian tak menampik hal itu. Karena untuk mendatangkan instruktur pandai besi tak sulit. “Untuk itu perlu kerjasama lintas sektoral,” ujarnya.

Keterangan yang berhasil dihimpun di Dumai, permintaan alat-alat pertanian dodos dan tojok kelapa sawit, gancu, pisau, sabit hingga parang dan cangkul cukup tinggi di Dumai, Riau.

Sementara bahan baku besi sangat banyak. Besi bekas (tua) milik perusahaan seperti Pertamina dan PT CPI banyak di Dumai.

Baca Juga :  Demi Riau Bebas Asap, Manggala Agni Rela Menyabung Nyawa 

Pemerintah bisa saja menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk pemanfaatan besi bekas tersebut.

Tukang besi atau pandai besi adalah orang yang pekerjaannya membuat alat-alat pertanian yang terbuat dari  besi. Untuk membuat parang, babat, kapak, dodos sawit dan pisau dibuat dari bahan besi per mobil dan baja. Bahan baku tersebut banyak ditemukan di Dumai, Riau.

Di Siborong-borong dan daerah lain di Tapanuli Utara Sumut usaha pandai besi banyak ditemukan. Dan produksi pandai besi itu dipasok ke daerah lain termasuk ke kota Dumai. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *