Disparbudpora akan Bangun Stadion Mini di Kecamatan Pinggir

Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal

RiauKepri.com, BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) akan membangun Stadion Mini di Kecamatan Pinggir. Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal mengatakan tahun 2020 ini akan dimulai tahapan perencanaan dan ganti rugi lahan stadion mini di kecamatan tersebut. Bahkan ia menyebut, sarana olahraga masyarakat itu akan berkelas nasional.

Hal itu dikatakan Anharizal saat meninjau rencana lokasi stadion mini tersebut di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir Kabupaten Tangerang. Stadion itu akan berdiri diatas lahan seluas 2,5 hektar milik Pemkab Bengkalis. Saat ini, rencana pembangunannya telah masuk dalam perencanaan pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2020.

Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal

Anharizal mengatakan pihaknya meminta kepada masyarakat untuk mendukung agar rencana pembangunan tersebut berjalan dengan lancar sesuai perencanaan. Perlu diketahui animo masyarakat Kecamatan Pinggir terhadap sepak bola dan olahraga lainnya terus meningkat.

“Jadi masyarakat pinggir dan sekitarnya ke depan tidak perlu jauh-jauh untuk bermain bola dan mendapatkan tempat refresentatif untuk berolahraga karena sudah ada di sini,” ungkapnya.

Sementara saat ditanya soal stadion yang disebutnya akan berkelas nasional, Anharizal menjawab akan menggunakan rumput untuk lapangan stadion dengan standar internasional.

“Rencananya akan menggunakan rumput berkelas internasional,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Amril Sebut Lampu Colok Sebagai Warisan Khasanah Budaya Melayu

Tahun 2020 Tahap Perencanaan dan Pembebasan Lahan

Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan membangun stadion mini yang direncanakan akan dibangun di desa muara basung kecamatan Pinggir. Bangunan berkonsep terbuka itu akan memakan biaya senilai milyaran rupiah, tahun ini tahap perencanaan dan pembebesan lahan.

Sekretaris Disparbudpora Afrizal

“Tahun ini perencanaan dan pembebasan lahan, untuk pembangunan fisik akan dimulai tahun 2021 mendatang,” kata Sekretaris Disparbudpora Afrizal.

Tahap perencanaan itu, lanjutnya, diperkirakan selesai bulan maret. Sehingga memasuki bulan April akan di lakukan persiapan. “Sekitar mei atau juni kita lakukan pembebasan lahan,” ujarnya.

Ia menceritakan, dari segi desain stadion mini tersebut akan ada lapangan sepakbola, track lari dan beberapa lokasi dapat digunakan untuk olahraga lapangan. “Kalau kita lihat stadion Bengkalis kira kira seperti itulah, tapi dalam bentuk mini. Terbuka untuk umum dan ada tribun untuk penonton,” jelas Afrizal.

DPRD Dorong Percepatan Stadion Mini

Rencana pembangunan stadion mini di kecamatan Pinggiri mendapat dukungan dan juga pengawasan khusus dari Komisi IV selaku yang membidangi Disparbudpora. Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Sofyan mengatakan pembangunan stadion mini yang akan dibangun dibawah naungan Disparbudpora akan menggunakan anggaran APBD Bengkalis tahub 2020 dan 2021. Dia berharap tidak ada kendala lagi dalam pembangunan tersebut.

Baca Juga :  30 Hari BPK RI Perwakilan Riau Lakukan Pemeriksaan Keuangan Bengkalis
Ketua Komisi III DPRD Bengkalis Sofyan

‘’Ini akan kita telusuri dengan mengecek langsung kesiapannya di Disparbudpora. Maka dapat dilihat kejelasan sejauh mana perkembangan proses pembangunan stadion itu,’’ ujarnya Sofyan.

Menurutnya, pembangunan stadion mini merupakan usulan dari masyarakat kepada pihak Pemkab Bengkalis.

‘’Pengakuan dari pihak Dispora, sudah dilakukan survey bulan Januari 2020 lalu,’’ ungkapnya.

Ia pun berharap pembangunan stadion dapat dilaksanakan tahapannya tahun ini. Karena sejauh ini, masyarakat Kecamatan Pinggir sangat kesulitan dalam mengembangkan prestasi di bidang sepak bola. Apalagi ketika ada turnamen tingkat kabupaten. Sedangkan lapangan yang ada tidaklah memadai.

‘’Kita berharap supaya pembangunan ini cepat dilakukan. agar masyarakat segera menerima pembangunannya,’’ tuturnya.

Selain pembangunan stadion, pembinaan dibidang keolahragaan yang dilakukan Dispora melalui berbagai organisasi olahraga juga akan mendapatkan pengawasan dari Komisi IV DPRD Bengkalis. Tujuannya untuk memberikan rambu peringatan agar pengelolan anggaran dapat dilakukan tepat guna dan tepat sasaran. Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan Anggaran.

KONI Apresiasi Pembangunan Stadion Mini Pinggir

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas rencaba pembangunan Stadion Mini Kecamatan Pinggir di Desa Muara Basung.

Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul

“Alhamdulillah kita tentunya mengapresiasi rencana pembangunan stadion mini di Kecamatan Pinggir tersebut, dan berharap ke depan dapat menunjang peningkatan pembinaan terhadap olahraga di Kabupaten Bengkalis ini,” tutur Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul.

Baca Juga :  Plt Kadis Pendidikan Bengkalis Hadiri Peluncuran Program PINTAR di Jakarta

Darma mengungkapkan, pembangunan stadion mini tersebut sebagai wujud pembangunan dari desa ke desa dan juga dapat menjaring bibit-bibit atlet khusus sepak bola.

Peninjauan lokasi di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir

“Kita bercermin kepada luar negeri, di Brasil itu kenapa sepak bolanya maju, karena di desa-desa itu banyak lapangan bola yang bagus, ini salah satu juga upaya kita ingin menjaring potensi bibit-bibit atlit sepak bola khususnya,” ujar Darma.

Selain itu, dijelaskan dia, stadion mini itu tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana olahraga tapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pertemuan atau pusat kegiatan acara desa.

“Itu sangat bermanfaat bagi masyarakat bukan hanya untuk turnamen, untuk latihan, tapi bisa juga buat pertemuan masif seperti kemarin senam bedincak yang diikuti sekitar seribu orang itu bisa dilaksanakan di lapangan tersebut,” terangnya.

Dengan demikian, dia berharap, kualitas atlet-atlet di Kabupaten Bengkalis dapat semakin meningkat dan menjadi atlet nasional, serta meraih prestasi di ajang turnamen di dalam maupun luar negeri. (Adv/Win)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *