Ini 5 Prioritas Pembangunan Riau Tahun Depan

Forum Konsultasi Publik tentang Rancangan Awal RKPD Provinsi Riau Tahun 2021.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Ini lima program prioritas pembangunan Provinsi Riau yang telah disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada tahun 2021.

Hal ini terungkap dalam Forum Konsultasi Publik tentang Rancangan Awal RKPD Provinsi Riau Tahun 2021, Rabu (19/2/20/20) di Hotel Premier Pekanbaru.

“Ada lima yang menjadi program prioritas pembangunan daerah dalam RKPD 2021,” kata Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si saat membuka Forum Konsultasi Publik tentang Rancangan Awal RKPD Provinsi Riau.

Lima program prioritas pembangunan itu, kata Syamsuar, yakni pembangunan Industri, pembangunan pertanian, pembangunan pariwisata, infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga :  Hemat Anggaran, Syamsuar Ajak Naik Pesawat Kelas Ekonomi

“Lima program ini harus kita wujudkan bersama-sama,” tegas Gubri.

Gubri menjelaskan ada beberapa yang menjadi permasalahan dalam lima sektor pembangunan itu. Untuk sektor pertanian menurutnya, belum berkembangnya industri hilir dan stagnasi pengembangan kawasan industri.

Kemudian permasalahan di sektor pertanian misalnya, rendahnya produktifitas, belum optimalnya pengembangan potensi pangan lokal. Rendahnya pengawasan terhadap mutu keamanan pangan segar serta belum optimalnya pengelolaan cadangan pangan daerah.

“Permasalahan di sektor pariwisata diantaranya, pelestarian budaya Melayu yang belum optimal. Karya seni budaya yang direvitalisasi dan diinventarisasi masih rendah,” ujarnya.

Baca Juga :  Warga Nias Mengadu Kepada Syamsuar Sulitnya Mendapat KTP

Untuk sektor infrastruktur lanjut Gubri, kerusakan jalan dan sistim transportasi yang belum berkembang, terbatas akses air bersih dan air minum. Belum optimalnya penanganan kawasan kumuh dan ketersediaan infrastruktur dan lainnya.

Terakhir terkait sektor sumber daya manusia (SDM) papar Gubri, belum optimalnya akses pelayanan pendidikan, masih rendahnya dan rasio ketersediaan sekolah yang memenuhi standar. Masih rendahnya aksesbilitas layanan kesehatan, ketersediaan SDM yang belum memenuhi standar.

Oleh karena itu kata Gubri, pihaknya telah menyusun arah kebijakan dan kegiatan strategis untum meminimalisir permasalahan yang terjadi di lima sektor prioritas pembangunan daerah tersebut.Sehingga diharapkan, program pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau. (Adv)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *