Hadirkan Pemateri dari UGM, Bimtek KLHS RPJMD Kota Dumai Digelar

Asisten II Setdako Dumai Syahrinaldy S.Sos MSi buka Bimtek KLHS RPJMD Kota Dumai tahun 2020.

RiauKepri.com, DUMAI- Bertempat di Media Centre Dumai Senin (24/02/2020) digelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Dumai tahun 2020.

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai sengaja mengundang lima orang ahli masalah lingkungan dari Universitas Gajah Mada (UGM) dalam acara yang dilaksanakan selama dua hari itu.

Asisten II Setdako Dumai H Syahrinaldy S.Sos.MSi dalam pembukaan menyebutkan pembangunan harus dilakukan secara berkelanjutan.

Sesuai UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengrlolaan Lingkungan Hidup, pemerintah harus memelihara lingkungan dalam pembangunan itu sendiri.

Baca Juga :  Makar

Menurut Hasan salah seorang pemateri dari UGM Yokjajarta berharap bimtek yang dilaksnakan selama dua hari mudah mudahan kerjasama bermanfaat

“Rombongan UGM lima orang,
Untuk hari ini dibagi empat sesi.
Sesi I Tias, tentang kebijakan pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup,” katanya.

Menurut Tias, bimtek tentang pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup telah dilaksanakan di kabupaten/ kota lain di Indonesia

“Kerusakan lingkungan hidup bukan prilaku manusia semata, tapi juga kebijakan pemerintah yang salah,” jelasnya

Lingkungan hidup sendiri kata Tias terdiri komponen abitik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi.

Baca Juga :  Ada Pembengak Sebut Keluarga Besar Herman Abdullah Tak Dukung Syamsuar-Edy

Sedangkan komponen biotik, kata Tias adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *