Ketua DPRD Karimun Berharap Hasil Musrenbang Bersinergi dengan Hasil Reses

Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat berfoto bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq serta pejabat terkait dan narasumber dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Karimun.

RiauKepri.com, KARIMUN — Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dibuka Bupati Karimun Aunur Rafiq di Gedung Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun, Rabu (11/03).

M Yusuf Sirat dalam kesempatan itu turut memaparkan rincian hasil reses seluruh anggota DPRD Karimun yang turun ke dapil masing-masing, mulai dapil 1 hingga dapil 4.

“Pada intinya, DPRD Karimun berharap hasil reses bersinergi dengan hasil musrenbang, saling mengisi sehingga aspirasi pembangunan dari masyarakat benar-benar bisa diakomodir dalam perencanaan pembangunan daerah,” katanya.

DPRD Karimun, kata Yusuf Sirat, mendorong perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dan tentunya mengacu pada skala prioritas pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Karimun,” kata dia.

Kepala Baperlitbang Djunaidi mengatakan, Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Karimun tahun 2021 ini dapat dikatakan sebagai musyawarah stakeholder Kabupaten Karimun untuk bersama-sama berperan aktif dalam mematangkan dan mempertajam rancangan RKPD 2021, yang prosesnya diawali dengan musrenbang desa atau kelurahan, musrenbang Kecamatan dan forum OPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Isdianto Ajak Masyarakat Bersatu Padu

Dalam acara tersebut, Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik, Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian PPN/Bappenas RI, Eka Chandra Buana menyampaikan, Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan dalam RPJMN tahun 2020-2024.

Kepala Seksi Wilayah IB, Agung Ariyanto yang mewakili Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri RI menyampaikan, kebijakan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah di tingkat kabupaten/kota.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau, Ichsan Fuady menyampaikan, kebijakan perencanaan pembangunan berbasis elektronik (e-planning) yang terintegrasi.

Setelah pengarahan dari narasumber, pada acara tersebut selaku panitia, Baperlitbang melakukan pemutaran video hasil pembangunan Kabupaten Karimun selama 4 tahun yang dilanjutkan pengarahan oleh Bupati Karimun.

Baca Juga :  DPRD Karimun Setujui Usulan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Karimun Tahun 2020

Dalam sambutannya Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, perlu menggunakan metode dan kerangka berpikir secara ilmiah, sehingga program dan kegiatan yang disusun mempunyai metodologi dan sasaran kinerja yang layak serta dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan waktu dan biaya yang wajar, efisien serta azas kepatutan atau dikenal dengan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timetly).

Bupati Karimun juga mengatakan, bahwa program kegiatan yang disusun diharuskan bersifat Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (HITS)

“HITS ini untuk menjamin agar program kegiatan yang kita pilih saling melengkapi dan mendukung dan memiliki benang merah untuk mencapai tujuan yang sama sebagaimana yang telah ditetapkan,” kata Bupati Karimun.

Dalam musrembang tersebut, ada 5 ( lima ) hal yang diharapkan menjadi skala prioritas oleh Bupati Karimun.

“Tentu besar harapan saya ada 5 hal yang menjadi skala prioritas, yakni tentang pembangunan infrastruktur, pembangunan kebutuhan dasar, pendidikan kesehatan listrik kemudian pembangunan ekonomi kerakyatan. Kemudian masalah pemerintahan itu kita masukkan, maka dari itu saya berpesan musrenbang yang sudah dibuka ini dapat diikuti oleh seluruh yang hadir untuk membahas tiga bidang, yaitu bidang infrastruktur, bidang sosial budaya, bidang ekonomi kerakyatan hendaknya dapat dibahas dengan seksama sehingga menyusun 2021 melalui aplikasi ini dapat kita tuntaskan 2021 dengan baik,” katanya lagi.

Baca Juga :  Perlu Pengorbanan untuk Mewujudkan Cita-cita

Acara tersebut dibuka dan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Karimun didampingi oleh para narasumber serta Ketua DPRD Kabupaten Karimun dan Kepala Baperlitbang.

Kemudian ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Bupati Karimun Kepada para narasumber yang telah memberikan kontribusi kepada kemajuan serta Kabupaten Karimun kedepan.(RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *