Deteksi Corona Setiap Warga, Ini yang Dilakukan Pemko Batam

Detiksi Corona Setiap Warga, Ini yang Dilakukan Pemko Batam.

RiauKepri.com, BATAM- Pemerintah Kota Batam menghimbau Ketua RT/ RW melakukan pengecekan terhadap rumah warga di lingkungan masing-masing sebagai upaya untuk mengantisipasi mengganasnya wabah covid-19 atau virus corona. Jika ditemukan ada yang menghidap penyakit “mencurigakan,” diminta segera dibawa ke rumah sakit yang telah ditunjuk untuk menangani kasus tersebut.

Himbauan itu disampaikan setelah para Camat di Kota Batam melaksanakan rapat bersama dengan Upika (Unsur Pimpinan Kecamatan) di kawasan masing-masing, Kamis (19/03).

Menindaklanjuti hasil rapat tersebut, para lurah kemudian meneruskan himbauan ini ke Ketua RT/ RW, termasuk melalui grup WA, untuk melakukan pengecekan ke rumah warga di lingkungan masing-masing.

Baca Juga :  Jika Ada Penerimaan CPNS, Bupati Bintan Prioritaskan 3 Tenaga Kerja

Kalau ada warga yang sedang demam di atas 38 derajat, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih lesu dan atau mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri atau daerah terpapar corona, demikian di antara bunyi himbauan tersebut, segera dilarikan ke RSUD Embung Fatimah atau RS Badan Pengusahaan Batam untuk dilakukan pemeriksaan dengan tanpa biaya atau gratis.

Terkait pentingnya himbaun di atas diharapkan agar dapat dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab. “Diharapkan perhatian dan kerja sama bapak ibu terkait permasalah kesehatan yang sedang marak di tengah masyarakat agar kita pastikan warga kita tidak ada terindikasi virus corona.”
Terhadap hal terkait, sebelumnya Pemko Batam sudah menelorkan berbagai langkah, di antaranya meliburkan anak sekolah, membentuk tim khusus, dan melakukan penyomprotan disinfektan di tempat-tempat pelayanan umum. BP Batam memberlakukan kebijakan kerja di rumah, disusul Pemko Batam, terutama terhadap pekerjaan nonpelayanan.

Baca Juga :  Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan

Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam, H Muhammad Rudi, dalam berbagai kesempatan mengajak masyarakat untuk untuk berperan aktif ikut memerangi wabah corona. Para pengusaha, misalnya, sebagai bentuk berperan dalam upaya melawan wabah corona ini, menyediakan sekitar Rp7 miliar hasil patungan mereka setelah pertemuan dengan H Muhammad Rudi.

Anggota DPRD Batam Komisi IV, Taufik Muntasir, menilai H Muhammad Rudi, baik sebagai wali kota maupun Ketua BP Batam, sudah melakukan langkah yang tepat dan bijak. “Apa yang telah dilakukan Pak Rudi perlu diapresiasi dan didukung oleh semua pihak. Mari sama-sama kita perangi corona dengan kesadaran penuh dan sesuai dengan kapasitas masing-masing,” ujarnya. (RK2)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *