Upaya Putus Matai Rantai Covid-19, Pemko Dumai Semprot Disinfektan

Tampak Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memantaul angsung pelaksanaan penyemprotran disinfektan di sejumlah lokasi di Dumai.

RiauKepri.com, Dumai- Berbagai upaya dilakukan dalam rangka pencegahan laju perkembangan Virus Covid-19 di Dumai. Untuk itu, Pemko Dumai bersama Polres Dumai dan Stakeholder lainnya melakukan lenyemprotan disinfektan di Dumai, Rabu (25/03/2020).

Menurut Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memang angka penderita positif covid-19 di Kota Dumai masih nihil, namun angka pasien dalam pengawasan (ODP) baik itu di rumah sakit atau yang dirumahkan semakin hari jumlahnya semakin meningkat.

“Ini merupakan suatu sinyalmen sekaligus potensi yang cukup mengingatkan kita semua agar kita tetap selalu waspada terhadap pandemi covid-19,” jelas Zul AS demikiian panggilan akrab walikota Dumai.

Setelah melakukan apel siaga bersama unsur Forkopimda, Zul AS langsung memimpin aksi nyata dengan melakukan penyemprotan desinfektan di jalan protokol dan tempat publik lainnya di Kota Dumai

“Saya berharap hal ini nantinya dapat mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati, dan lebih banyak dirumah kecuali yang bekerja, dan keluar dengan keperluan khusus dan mendesak,” katanya.

Penyemprotan desinfektan dilakukan oleh 4 regu yang berpusat di bundaran Polres Dumai, lalu menyebar di jalan-jalan protokol, tempat ibadah, hingga tempat publik.

Aksi nyata penyemprotan cairan disinfektan ini juga dilakukan Serentak oleh Camat dan Lurah se Kota Dumai, khususnya di wilayah kerjanya masing-masing.

Baca Juga :  Alfedri Resmikan Oprasional 5 Sekolah Program Kementrian PUPR

Tindakan persuasif terebut dilakukan dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 (Corona) agar tidak semakin meluas dan berkembang sehingga dapat menimbulkan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat Dumai.

Sebelumnya Polres Dumai dan Polsek jajaran telah melaksanakan aksi bersih – bersih dan kerja bakti dengan tema “Bersih Sehat Polda Riau” dengan beberapa sasaran lokasi seperti tempat pelayanan publik, fasilitas pendidikan, tempat ibadah, pemukiman masyarakat dan gedung serta fasilitas perkantoran.

Kemudian pemberian himbauan terkait upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 (Corona) juga telah dilaksanakan melalui patroli rutin.

Himbauan yang diberikan antara lain meliputi ajakan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan, kurangi aktifitas diluar rumah, tetap tenang dan jangan panik, tingkatkan kewaspadaan, mengikuti himbauan resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kota Dumai, dan tidak ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya yang dapat menimbulkan gejolak ditengah masyarakat.

Kali ini Pemko Dumai, berkerjasama dengan Lolres Dumai, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Perusahaan Kota Dumai dan Stakeholder lain kembali melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah ruas jalan dan kawasan pusat keramaian Kota Dumai. Citimall dan pusat keramaian lainnyab tak luput dari penyemprotan disinfektan

Baca Juga :  Meletop, 23 Kasus Covid-19 di Riau Hari Ini

Apel persiapan pelaksanaan penyemprotan desinfektan dipimpin Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr. H. M. Herdi Salioso, S.E, M.A, Ketua DPRD Kota Dumai Agus Purwanto, S.T, Danden Rudal 004/Dumai MAYOR ARH Roma Laksana Yudha, S.A.P, Plt Kadis Kesehatan Kota Dumai Drs. Syahrinaldi, S.Sos. M.Si dan Personil Gabungan Yakni 1 Pleton Sat Samapta Polres Dumai, 2 Pleton Petugas Pemadam Kebakaran, 1 Pleton Petugas BPBD Kota Dumai, 1 Pleton dan Den Rudal 004/Dumai , 1 Pleton Petugas HSSE Pertamina RU – II, 2 Pleton Petugas dari Dinas Kesehatan, 1 Pleton Petugas Pemadam Kebaran PT. Pelindo 1 Cabang Dumai dan 2 Pleton Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Dumai.

Dslam kesempatan itu dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan, kurangi aktifitas diluar rumah, serta mengikuti ataupun mematuhi himbauan resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kota Dumai. Kami bekerja untuk masyarakat, masyarakat tetaplah dirumah untuk semua, untuk Indonesia.

Baca Juga :  Program CSR PT Pelindo Sungai Pakning Dinilai Tak Transparan

Dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan di sejumlah jalan protokol dan pusat keramaian itu Polres Dumai melibatkan 1 Unit Mobil Armoured Water Cannon (AWC) untuk bekerjasama bersama Pemerintah Kota Dumai, TNI, BPBD Kota Dumai, Perusahaan Kota Dumai dan Stakeholder lainnya melaksanakan penyemprotan desinfektan dilaksanakan disejumlah ruas jalan Kota Dumai, Kawasan Pusat Keramaian Kota Dumai seperti pasar bundaran, pasar bunda sri mersing dan pasar pulau payung serta Kawasan Perindustrian Kota Dumai disepanjang jalan Pattimura hingga jalan Datuk Laksamana.

Seperti diketahui, dalam upaya mengantisipasi peningkatan pasien kasus virus corona atau covid-19, Pemko Dumai terus melakukan persiapan.

Selain menambah alat kesehatan dan APD (Alat Pelindung Diri), Pemko Dumai juga berencana akan menambah tempat isolasi pasien.

Bahkan Zul AS bersma Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H. Syahrinaldi telah meninjau gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Riau yang berlokasi di Bukit Timah. Gedung tersebut rencananya akan dijadikan sebagai tempat isolasi pasien kasus covid-19.

Kota Dumai sudah memiliki 2 Rumah Sakit rujukan terkait wabah covid-19, yakni RSUD dan RS Pertamina Dumai. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *