Pemprov Riau Siap Laksanakan Instruksi Mendagri Terkait Percepatan Penanganan COVID-19

Sekda Provinsi Riau Yan Prana Jaya

RiauKepri.com, PEKANBARU – Berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor 1 Tahun 2020, menerangkan bahwa pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Coronavirus Disease 19 di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) harus segera direalisasikan.

Berdasarkan instruksi itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Yan Prana Jaya, menerangkan ada beberapa poin penting dalam instruksi tersebut yang harus segera dilaksanakan oleh Gubernur dan Bupati/Wali Kota se Indonesia.

Tarangnya, poin utama dari instruksi tersebut yaitu melakukan percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran yang digunakan secara memadai untuk meningkatkan kapasitas seperti penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha di daerah masing-masing tetap hidup.

Baca Juga :  Siak Bersiap Ikuti Lomba Implementasi Tatanan Normal Baru Tingkat Nasional

“Penyediaan jaringan pengamanan sosial seperti yang telah di instruksikan Mendagri,” katanya, Ahad (06/04/20).

Ia menuturkan, Mendagri meminta agar setiap kepala daerah untuk selalu berkoordinasi dengan Forum Perangkat Daerah (Forkopimda), organisasi kemasyarakatan, dan tokoh masyarakat atau agama untuk menyosialisasikan dan menghimbau masyarakat agar tidak mudik guna menghindari penyebaran COVID19.

“Jika masyarakat terlanjur mudik, agar masyarakat mengisolasi mandiri sebagai ODP sesuai protokol kesehatan dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan, mempersiapkan tempat karantina kesehatan dan pemberian bantuan kedaruratan kepada masyarakat serta memberikan arahan berjenjang sampai desa untuk menghindari¬† stigma negatif berlebihan terhadap pemudik,” ujarnya.

Baca Juga :  Kabut Asap Semakin Tebal di Dumai

Yan Prana Jaya menambahkan, Mendagri juga menginstruksikan agar Pemda memastikan da mengawasi ketersediaan sembako, kelancaran distribusi serta aktivitas industri dan pabrik serta dunia usaha terutama yang menghasilkan kebutuhan pokok dan alat kesehatan agar tetap menjalankan produksi sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

“Pelaksanaan instruksi menteri ini khusus yang perubahan anggaran diminta untuk segera dilaporkan kembali dengan segera,” ucap Sekda Riau.

Ia juga mengingatkan bagi pemerintah daerah untuk segera melaksanakan percepatan penggunaan alokasi anggaran paling lama tujuh hari kedepan mengingat situasi dan kondisi Indonesia darurat kesehatan.

Baca Juga :  Usai Apel Siaga di Satpol Riau, Langsung Tes Urine

“Semoga instruksi tersebut dapat dijalankan dengan baik,” tutupnya. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *