Warga Dumai Belum Pakai Masker Keluar Rumah, Zul AS: Saya Sadar tak Bisa Memaksa

Tampak Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memberi contoh agar mengenakan masker saat di luar rumah.

RiauKepri.com, DUMAI- Terhitung mulai Senin (06/04/2020), masyarakat Riau termasuk kota Dumai dihimbau agar menggunakan masker saat berada diluar rumah.

Sayang, himbauan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar yang tertuang dalam surat edaran (SE) No. 96 tahun 2020 itu belum sepenuhnya dipatuhi masyarakat.

Buktinya, di Dumai masih banyak masyarakat tak gunakan masker, meski sedang beraktifitas dan lalulalang di jalan di dalam kota.

“Itu, bapak itu tak pakai masker, padahal dia pakai dinas ASN, ” kata seorang perempuan setengah baya yang berprofesi tukang parkir di lampu merah simpang Polres Dumai

Menanggapi hal itu, walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengaku sadar bahwa pihaknya tidak bisa memaksa. Karena keluhan terbesar masyarakat dengan terjadinya kelangkaan dan harga masker melambung.

Baca Juga :  Sapi Bayi Tabung Siak Sukses Penuhi Target Pemerintah Pusat

“Saya sadar bahwa saya tidak bisa memaksa handai taulan, Cik dan Puan sekalian untuk menggunakan masker diluar rumah. Karena saya tahu bahwa keluhan terbesar masyarakat kita di Kota ini dan seluruh warga Indonesia adalah kelangkaan masker dan melambung tinggi nya harga masker di pasaran,” jelas walikota Dumai dalam facebook pribadinya Selasa malam ini.

Walaupun tak bisa memaksa, namun setidaknya walikota Dumai menghimbau agar semua masyarakat menggunakan masker saat diluar rumah.

“Saya menghimbau agar kita semua untuk menggunakan masker saat melakukan aktifitas di luar rumah. Karena dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini, kita harus punya prinsip; “Menyelamatkan diri sendiri berarti kita telah menyelamatkan orang lain”,” ujar Zul AS demikian panggilan akrab walikota Dumai.

Baca Juga :  Polisi Inhil Temukan Tengkorak Kepala, Diduga Bagian Tubuh Korban Mutilasi

“Mari kita berikhtiar sedikit saja, untuk diri kita, keselamatan kita, untuk kesehatan kita bersama. Menggunakan Masker saat ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya penyebarluasan virus covid-19 (corona),” jelasnya sembari menambahkan agar masker medis dan N-95 biarlah di gunakan petugas medis. Sedangkan bagi masyarakat secara luas, mari gunakan masker kain yang dapat di cuci dan digunakan berkali-kali.

Seperti diketahui, (Gubri) Syamsuar kembali mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Riau untuk memakai masker selama berada di luar rumah, selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga :  Karlahut, 6 Warga Riau Diamankan, Pihak Koorporasi Belum Ada

Hal tersebut sesuai dengan himbauan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI.

Diminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika berada atau kegiatan di luar rumah tanpa terkecuali.

Tapi kenyataannya, masih banyak yang belum mengindahkan imbauan yang bertujuan menekan penyebaran virus covid 19 di tengah masyarakat. Buktinya warga Dumai belum memakai masker saat berada diluar rumah.

“Memakai masker dengan menyelamatkan diri sendiri berarti kita telah menyelamatkan orang lain ,” ungkap Zul AS. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *