Cegah Karhutla, Rupat Jadi Pilot Project Pemberdayaan Masyarakat Desa

Kepala Bidang Perubahan Iklim H. Iman menyerahkan tanaman produktif kepada Camat Rupat Khairunazri.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Provinsi (DLHK) Riau melakukan pertemuan terbatas dengan camat Rupat dan kepala desa yang rawan Karhutla di wilayah tersebut, Kamis (09/04/2020).

Dalam kesempatan ini DLHK Riau yang diwakili Kepala Bidang Perubahan Iklim H. Iman Sukendar.S.Hut.M.si. menyampaikan Program gubernur Riau dalam menangulangi kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat yang begitu masif sebaran titik api beberapa waktu ini.

Iman Sukendar menyampaikan, yang menjadi prioritas pihaknya saat ini bukan pemadaman namun lebih kepada pencegahan Karhutla.

Baca Juga :  Dikejar Polisi, Cewek Rohil Ini Terjungkal, Diperiksa Ini yang Dibawa

“Gubernur akan menjadikan Pulau Rupat sebagai pilot project (proyek percontohan, red) dalam pemberdayaan masyarakat desa dengan program kerja sama melalui KPH yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa, dan menguatkan peran masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Iman Sukerman.

Program ini disambut baik Camat Rupat, Khairunazri S.STP.MPA. Beliau sangat mengapresiasi program yang dicanangkan gubernur Riau untuk menggerakkan OPD terkait untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat desa yang disambut tepuk tangan 7 kepala desa yang hadir pada rapat terbatas itu.

Baca Juga :  Ketua Tim Penggerak PKK Bengkalis Kunjungi Semua Stand Bazar MTQ Bukit Batu

Pertemuan ini juga mengikuti SOP pedemi Covid-19. Setelah pertemuan dilaksanakan Iman Sukendar bersama peserta rapat melakukan peninjauan ke sejumlah wilayah rawan kebakaran.

Helat ini ditutup dengan penyerahan bibit kaliandra dan aren dari gubernur Riau yang diwakili Iman Sukerman. Tanaman tersebut, adalah tanaman produktif untuk ditanam di areal eks kebakaran lahan.(*)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *