Tanggulangi Virus Corona, Pemko Dumai Anggarkan Rp 100 M

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memimpin rapat bersama kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai di Media Centre.

Riaukepri.com, DUMAI– Penanggulangan penyebaran virus covid-19 tak bisa dilakukan hanya dengan modal semangat, tapi butuh modal dana. Mensiasati kondisi itu, Pemerintah Dumai (Pemko) Dumai bergerak cepat mencari alternatif. Hasilnya, sebanyak Rp 100 milliar dana dialokasikan untuk penanggulangan penyebaran virus Corona di Dumai.

Tau dari mana dana itu?. Mengingat dana APBD Dumai Tahun Anggaran 2020 sidak ketuk palu dan tak bisa diutak-atik lagi, maka alternatif yang diambil adalah dengan melakukan rasionalisasi anggaran di masing-masing OPD di lingkugan Pemko Dumai.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengaku sudah menandatangani rasionalisasi anggaran tersebut.

Baca Juga :  Chaidir Kagum, Syamsuar Mengubah Tradisi Buruk Pejabat

“Saya sudah menandatangani rasionalisasi anggaran pada masing-masing Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Dumai untuk menanggulangi pandemi virus corona yang terjadi di Daerah kita. Total Rasionalisasi tersebut sebanyak 100 Milyar,” jelas walikota Dumai melalui akun facebook Zulkifli AS Sabtu (11/04/2020) siang.

Tidak hanya itu saja, kata Zul AS, begitu panggilan akrab walikota Dumai, beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Pusat juga sudah menarik anggaran DAK dan Pemogongan DAU untuk Kota Dumai lebih dari 150 M.

Menyangkut pengelolaan dana sebesar Rp 100 M tersebut, Pemko Dumai meminta pendampingan dari instansi penegak hukum di Dumai.

“Terkait dengan Pengelolaan anggaran 100 Milyar yang bersumber dari Rasionalisasi APBD Kota Dumai tersebut, kita sudah meminta pendampingan dari berbagai macam pihak, dari Polres Kota Dumai, Kejaksaan Negeri Kota Dumai, BPKP, dan Inspektorat,” ujarnya.

Baca Juga :  Bawaslu Riau Fokus Pada Tiga Pengawasan Ini

Menurutnya, dengan adanya koordisnasi dan pendampingan dari para pihak, dapat membantu agar pengelolaan anggaran berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Koordinasi dan pendampingan yang kita bangun dengan berbagai macam pihak tersebut diharapkan bisa membantu pengelolaan anggaran dengan baik, transparan, akuntable dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Zul AS.

Positif Hanya 1 Orang

Kendati Jumat (10/04/ 2020) merupakan hari libur, namun seluruh OPD di lingkungan Pemko Dumai tetap bekerja.

Dalam kesempatan itu, Walikota Zul AS bersama seluruh Kepala OPD, Kabag dan Camat Se kota Dumai tetap bekerja dan menyelenggarakan rapat percepatan penanganan covid-19 di Dumai.

Baca Juga :  Sebanyak 70 Peserta Yudisium, Ini Harapan Dekan FIB Unilak

Dalam rapat internal tersebut terungkap bahwa data sebaran covid 19 di Dumai terdapat 717 kasus, dengan rincian; ODP 690 orang, PDP 26 orang, positif covid 1 orang total 717 kasus.

“Positif hanya 1 orang untuk itu Pemerintah selalu menghimbau masyarakat agar menerapkan seluruh protokol kesehatan dalam mencegah covid-19, agar sebaran pandemi covid-19 di kota Dumai bisa berkurang,” tegasnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *