Lewat Facebook Wako Dumai Sebut Harus PSBB

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi.

RiauKepri.com, DUMAI- Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Dumai terus bertambah. Untuk itu kota Dumai tengah mempersiapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi alternatif yang akan diberlakukan.

“Pilihan kita harus PSBB,” tegas Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi di akun facebook Zulkifli AS, Sabtu (18/4/2020).

Dia mengaku pihaknya menyimak bergai masukan dan pandangan tentang PSBB di Kota Dumai. “Saya mengucapkan terimakasih atas masukan dan pandangan tersebut,” jelas Walikota Dumai.

Menurutnya, apa yang dilakukan sesuai dengan protap yang ditetapkan Pemerintah Pusat atau Gugus Tugas Pusat

Baca Juga :  Ini Cara Syamsuar Agar Unilak Semakin Maju, Membanggakan

“Kami lakukan ini sesuai dgn protap-protap yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat atau Gugus Tugas Pusat. Setiap tahap-tahap harus punya indikatornya, karena kalau tidak memenuhi indikatornya tentu Pemerintah Pusat tidak menyetujui apa yg kita usulkan dan itu berlaku secara nasional,” ujar Zulkifli AS.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi lebih dari 4 minggu. Alhamdulillah sebagian masyarakat sudah memahami namun masih ada sebagian yang lain belum memahami secara mendalam.

Sementara ODP, PDP dan Yang Positif Covid-19 angkanya terus meningkat dan bertambah.

Baca Juga :  Pemprov Riau Terus Gesa Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai

“Pilihan kita harus PSBB. Karena kalau kita tidak mengambil langkah tersebut secara cepat dan tepat energi kita terkuras, anggaran kita juga terkuras. Tekanan ekonomi masyarakat semakin hari semakin banyak demikian juga tekanan phisikologis semakin hari semakin meningkat baik masalah (ekonomi, sosial, yang pada akhirnya akan memengaruhi keamanan warga),” terangnya.

Walikota Dumai mengaku kuatir jika kebijakan PSBB tidak diberlakukan maka akan menghabiskan energi dan terdampak ekonomi akan semakin banyak.

“Kita kuatir, jika kebijakan PSBB tidak diambil maka energi kita semakin hari semakin habis, yang terdampak ekonomi semakin banyak. Kemampuan keuangan kita sudah menipis dan phisikologi masyarakat memuncak dan akan timbul persoalan keamanan, x katanya..

Baca Juga :  Kasihan, Petani Kuansing Gagal Panen

Untuk PSBB, tambah Zul AS, demikian panggilan akrab walikota Dumai, memang memerlukan proses, dan sudah dipersiapkan bahan-bahannya, untuk selanjutnya akan dikaji dan dikomunikasikan serta sosialisasikan.

“Kita juga akan presentasikan dengan Perguruan tinggi yang ada di Dumai. itulah langkah-langkah yg akan kita ambil guna menyongsong PSBB di Kota kita. Jika semuanya sudah komplit, baru kita ajukan ke Gubernur Riau dan pemerintah Pusat di Jakarta,” ungkapnya.(RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *