Zul AS: Setiap Hari Sekitar 500 Orang dari Zona Merah Masuk Dumai

Positif Covid-19 di Dumai Jadi 6 Orang

Tampak walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi berbincang serius dengan PLT Kadinkes Dumai H. Syahrinaldy S.Sos didampingi juru bicara gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 kota Dumai dr Syaiful SKM di sela-sela konferensi pers bersama puluhan wartawan Sabtu petang ini.

RiauKepri.com, DUMAI- Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Dumai terus bertambah, jika sebelumnya hanya tiga orang, kini bertambah tiga orang lagi menjadi enam orang.

“Beberapa menit yang baru berlaku, kami telah menerima laporan hasil pemeriksaan Swaps pasien PDP dari BTKL Litbangkes Jakarta, dan ditemukan lagi 3 orang dengan hasil positif dan 2 orang negatif, ” jelas Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi dalam konferensi pers bersama puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online di Media Centre Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Sabtu (18/04/2020) petang ini.

Dengan demikian kasus positif Covid-19 di Kota Dumai bertambah, dengan jumlah sebanyak 6 orang.

” Penambahan kasus menjadi enam orang sesuai dengan hasil Rapid Test yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu terhadap yang bersangkutan yang juga hasilnya Positif,” terang Walikota Dumai didampingi PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai H Syahrinaldy S.Sos dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai dr Syaiful SKM.

Menurut Zul AS, perkembangan Covid-19 Kota Dumai, sampai 18 April 2020 jam 14.00 WIB, total ODP (Orang Dalam Pemantauan) berjumlah 1.003 orang, sedang pemantauan 728 orang, selesai pemantauan 375.

Baca Juga :  Kedaulatan Masyarakat Hukum Adat Sebagai Amanah Konstitusi untuk Pengelolaan Hutan Tanah Yang Lestari

Sementara total pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 36 orang sedang perawatan 17 orang, selesai perawatan 13 orang. Dari jumlah itu terkonfirmasi positif covid 19 sebanyak 3 kasus.

Seperti yang telah disampaikan pada beberapa hari yang lalu, ujar Zul AS, bahwa di Kota Dumai ada 16 PDP dengan hasil Rapid Test Positif Sabtu telah keluar, sebanyak 3 kasus positif covid-19.

“Tentu beberapa hari kedepan diprediksi akan keluar lagi hasil yang positif. Untuk hal tersebut saatnya masyarakat betul-betul melaksanakan protokol Covid-19 dalam kehidupan,” harapnya

Pada hari ini juga, kata Zul AS, pihaknya telah menerima informasi bahwa ada lebih 500 orang/hari yang masuk ke Dumai yang berasal dari daerah Zona Merah, seperti dari Sumbar, Sumut, Pekanbaru.

“Pada saat ini kita tengah berjuang bersama untuk memerangi Covid-19, maka kami sangat membutuhkan dukungan dari segenap masyarakat terutama kejujuran dalam memberikan keterangan terkait riwayat perjalanan dan kepatuhan sebagai ODP dalam melaksanakan Isolasi Mandiri,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Siak akan Jadikan Haul Sultan Sebagai Wisata Religi

Kata walikota Dumai, Pemko Dumai sedang mempersiapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), serentak dengan daerah sekitar dan dilaksanakan lebih awal. “Tentu akan diharapkan memberikan hasil yang lebih optimal,” jelasnya.

Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Kota Dumai untuk mematuhi arahan dan himbauan pemerintah.

Walikota Dumai berharap masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan, selalu dirumah. Jika terpaksa keluar rumah gunakan masker, tidak mendekati kerumunan/tidak berkumpul, jaga jarak atau Pysical Distancing, selalu mencuci tangan dengan air memakai sabun cair.

” Waspada walaupun tidak sakit belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virus terbukti pasien Positif hari ini tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda sakit,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Zul AS mengingatkan masyarakat agar sering makan buah, sayuran dan berolahraga, rutin konsumsi vitamin yang cukup.

“Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berfikiran negatif terhadap mereka. Semoga kita bersama untuk dapat memutus rantai penularan Covid-19,” harap walikota Dumai.

Baca Juga :  Pemkab Bengkalis Terus Berkomitmen Tingkatkan Biaya Pendidikan

Tidak lupa walikota Dumai minta agar masyarakat senantiasa berdoa menurut agama masing-masing, semoga Dumai cepat terbebas dari virus Corona.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai dr. Syaiful SKM menambahkan setelah pihaknya melakukan Rapid test di suatu perkantoran di Dumai, hasilnya ditemukan ada satu orang positif.

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata yang bersangkutan memilki riwayat melakukan pertemuan di Jakarta.

Mengetahui itu dilakukan traking ke kediaman yang bersangkutan. Ternyata isteri, dan cucunya yang masih berusia dua tahun positif. “Anak laki-laki yang bersangkutan berusia 30 tahun negatif,” jelas Syaiful.

Menurut Syaiful, dari enam positif covid-19 di Dumai, pasien 01 SD 05 cukup bagus dan yang bersangkutan termasuk orang tanpa gejala.

“Kita masih menunggu hasil swap dari 13 PDP yang sudah dikirim,” kata Syaiful, sembari berharap masyarakat Dumai untuk mematuhi himbauan pemerintah sebagaimana harapan Walikota Dumai.(RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close