Abaikan Pemko Dumai, PT Norel “Tabrak: Permenaker 19/2012

Inilah sebagian dari pekerja PT Norel pelaksana pembangunan jaringan pipa distribusi Gas PGN di Dumai. Tak melapor, juga tak pakai masker.

RiauKepri.com, DUMAI- Ratusan pekerja setiap hari melakukan pembangunan jaringan pipa distribusi gas milik PGN di Dumai. Ratusan pekerja asal Pulau Jawa tersebut, sengaja direkrut PT Norel sebagai sub kontraktor pelaksana pembangunan jaringan distribusi perusahaaan gas negara (PGN).

Kendati ratusan pekerja PT Norel telah lumayan lama mengerjakan proyek, namun tak melapor ke Disnakertrans Kota Dumai.

Kondisi itu menimbulkan kesan PGN maupun PT Norel diduga telah menabrak Peraturan Menakertrans (Permenakertrans) RI No 19/2012 tentang Syarat-syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Perusahaan Lain yang juga merupakan peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  PDIP Batal Laporkan SBY ke Polda Riau, Ini Alasannya

“Saya baru saja menghubungi PT Norel, tapi berdalih mereka kerjasama dengan pemerintah sehingga tak perlu melapor ke Disnaketrans,” kata Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Syarat Tenaga-tenaga (HI dan Syaker) Disnakertrans Dumai Irwan S.Sos, kepada RiauKepri.com, Rabu (29/04/2020).

Hal terebut sangat disayangkan, karena sesuai ketentuan yang diatur dalam Kepmenakertrans No 19/2012 perusahaan wajib melaporkan alur pekerjaan serta jenis pekerjaan yang diserahkan kepada pihak lain.

Pihak PT Norel sebagai kontraktor pembangunan jaringan Pipa distribusi Gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Kota Dumai, belum berhasil dikonfirmasi. Yang jelas, perusahaan belum melapor ke Disnakertrans Dumai terkait pekerjaan pembangunan jaringan pipa distribusi gas tersebut.

Baca Juga :  Dukungan PPP ke Kasmarni Belum Final

“Belum ada melapor ke Disnaker Dumai terkait pengerjaan pembangunan jaringan pipa gas PGN dimaksud. Baru saya hubungi tadi, mereka berdalih PT Norel bekerjasama dengan pemerintah sehingga tak perlu melapor,” sesal Irwan. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *