Mantap, Syamsuar  Ajak Semua Elemen Semarakan Gerakan Menanam

Gubernur Syamsuar saat menanam biji jagung.

RiauKepri.com, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar M.Si mengikuti gerakan menanam dalam rangka untuk peningkatan ketahanan pangan di Provinsi Riau, Rabu (06/05/20).

Gerakan menanam tersebut berlangsung di tanah milik Pemprov Riau di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, yang dikelola oleh petani yang ditanami jagung dan ubi.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsuar turut serta menanam biji jagung secara manual dan juga menanam jagung menggunakan mesin dengan sistem alat tanam jagung mekanisasi.

Syamsuar menyampaikan, mulai saat ini Pemprov Riau akan terus berupaya untuk menyemarakkan gerakan menanam sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kelangkaan pangan.

Baca Juga :  Di Inhu, PT Artelindo Masuk Zona Rawan Karlah

“Kami mengajak seluruh komponen di Riau, mulai sekarang kita harus menyemarakkan kegiatan menanam,” katanya.

Ia juga menerangkan, semua manusia itu membutuhkan makan. Namun saat ini, Riau belum bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri dan mesti dipasok dari provinsi tetangga padahal Riau memiliki banyak lahan kosong.

“Untuk kebutuhan masyarakat yang hampir tujuh juta orang ini, masih sekitar 35% yang bisa dipenuhi oleh hasil beras dari Riau,” ungkap Gubri.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh petani dan masyarakat Riau untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai lokasi untuk menanam tangan pangan dan sayur mayur, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasokan pangan dan sayur di Riau.

Baca Juga :  Warga Pakning Geram, Sudah Sebulan Air PDAM Tak Mengalir ke Rumah Pelanggan

“Kita tidak tahu kondisi COVID19 kapan berakhir, kita juga tidak ingin muncul masalah baru yaitu kelangkaan pangan makanya semua perlu kita antisipasi,” ucapnya.

Acara ini juga turut diikuti oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Agung Setya Imam Effendi, Danrem 03 Wirabima Kolonel Infanteri M. syech Ismed, Danlanud Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Bupati Kampar Catur Sugeng, serta tamu undangan lainnya. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *