Alhamdulillah, 10 Pasien Covid-19 di Dumai Sembuh

PLT Kadiskes Dumai H Syahrinaldy S.Sos M.Si didampingi Jubir Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dumai dr H Syaiful SKM dan pejabat lainnya dalam Up Date Covid-19 di Dumai Sabtu (09/05/2020).

RiauKepri.com, DUMAI- Dari 15 Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Dumai, sepuluh (10) diantaranya dinyatakan negatif dan sembuh, sedangkan lima lagi masih menjalani perawatan.

Hal terebut terungkap dalam temu pers di Media Centre Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dumai Sabtu (09/05/2020).

“Alhamdulillah, dari 15 terkonfirmasi positif Covid-19 di Dumai, sepuluh orang dinyatakan sembuh, lima masih dalam perawatan di RSUD Dumai,” jelas PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai H Syahrinaldy S.Sos. M.Si didampingi Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dumai H dr Syaiful SKM di hadapan puluhan wartawan media cetak, elektronik dan media online Dumai.

Dalam kesempatan itu, Ocok Melayu, demikian panggilan akrab Syahrinaldy mejelaskan, perkembangan COVID-19 di Kota Dumai, Sampai 09 Mei 2020 Jam 16.00 WIB diantaranya;

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Dumai sebanyak 1.700 Kasus, Sedang Pemantauan sebanyak 395 Kasus,m dan Selesai Pemantauan 1305 Kasus

Sementara total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 53 Kasus, Sedang Perawatan 19 Kasus, Selesai Perawatan 30 Kasus dan meninggal dunia 4 kasus.

Baca Juga :  Mantap, Jelang Lebaran Unilak Bagikan Paket Internet Gratis untuk Mahasiswa

Sedangkan pasien terkonfirmasi Positif sebanyak m 15 Kasus, sedang menjalani perawata sebanyak 5 Kasus dan dinyatakan Sembuh sebanyak
10 Kasus

“Berdasarkan data ini dapat kami sampaikan pada hari ini Alhamdulillah, berkat kerja keras dari semua pihak, ada 6 Orang Pasien dengan Swaps Positif yang dinyatakan sembuh, ” ujar Syahrinaldy.

Adapun keenam pasien sembuh tersebut yaitu :
a. Pasien R (02), Suami ME (03) Dirawat sejak 3 April
b. K (05), Istri S (04) Dirawat sejak 4 April
c. S (10), Dirawat sejak 13 April
d. T (11), Dirawat sejak 24 April
e. IY (14) Istri TP
f. DZ 2 tahun anak dari TP
4 Pasien lagi yang sebelum telah
sembuh yaitu: S, RR, NU, ME

“Dapat juga kami sampaikan dan informasikan pada kesempatan ini bahwa Pasien 01 (SA), sampai saat ini masih dirawat di RSUD Kota Dumai. Hasil Swaps terakhir, yang merupakan pengambilan ke 12 Tanggal 6 Mei 2020 hasilnya masih positif,” katanya.

Menurut Syahrinaldy, kondisi semua pasien PDP di Dumai pada umumnya cukup baik selama masa perawatan.

Baca Juga :  KPU Dumai Gelar Pleno Penetapan Anggota DPRD Terpilih

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar besarnya kami ucapkan pada segenap Tim Medis dan Tenaga Kesehatan RSUD Kota Dumai yang telah bekerja keras dalam memberikan perawatan terhadap semua Pasien COVID-19

” Selamat dan terima kasih kami ucapkan kepada pasien COVID-19 terutama yang dipulangkan ke rumah hari ini yaitu Sdr R, Sdri K, Sdri S, Sdri T dan Sdri IY yang telah kooperatif selama masa perawatan. Terima kasih juga atas dukungan keluarga yang telah membantu proses penyembuhan ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Syahrinaldy menekankan agar pasein yang sudah sembuh dan dipulangkan, agar melaksanakan isolasi mandari selama 14 hari.

” Tentu setelah sampai dirumah nanti yang bersangkutan tetap harus melaksanakan isolasi mandiri selama kurang lebih 14 hari dan setelah itu kami berharap kepada segenap masyarakat sekitar agar memberi dukungan dan menerima saudara saudara kita yang menjalani serangkaian pengobatan ini sebagai kerabat dan saudara kita kembali.

Baca Juga :  Tengkah Zapin Minta DKR "Menengkah" Soal Musik di Riau

Untuk menjaga dan menghindari penularan di kalangan tenaga kesehatan dan keluarga, tambah Syahrinaldy, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai telah memberikan fasilitas penginapan hotel untuk isolasi tenaga kesehatan dan sudah dimanfaatkan.

Sementara dalam menghadapi beberapa hari lebaran dapat disampaikan bahwa suasana puasa dan lebaran tahun 2020 tentu sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Lebaran tahun ini dilaksanakan dalam suasana Pisical Distancing dan Sosial Distancing kunjungan lebaran mungkin kita laksanakan untuk keluarga inti dan tetap memperhitungkan Pysical Distancing guna menjaga orang-orang rentan yang kita cintai,” pintanya dan menambahkan kepada seluruh masyarakat Kota Dumai untuk mematuhi arahan Pemerintah.

Masyarakat diminta untuk selalu disiplin untuk dirumah, jika terpaksa keluar rumah gunakan masker.
Disiplin untuk tidak mendekati kerumunan/tidak berkumpul, jaga jarak. Dan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun cair.

“Mari beri dukungan untuk Pasien Positif, PDP, ODP, dan Tenaga Medis jangan berstigma Negatif terhadap mereka. Semoga kita bersama untuk dapat memutus rantai penularan COVID-19,” harapnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *