Hari Raya Unik di Unilak, Begini Bentuknya

Perayaan lebaran Idul Fitri 1441 H di Unilak tergolong unik dan sesuai dengan protokol kesehatan.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Bolehlah ditiru. Di saat wabah Corona kreativitas, disiplin, dan phisical distance harus diutamakan agar aktivitas pekerjaan dapat terus berjalan. Seperti yang dilakukan di kampus Universitas Lancang Kuning (Unilak) dalam merayakan Idul Fitri 1441 H, Selasa (26/05/2020), terlihat keren.

Melalui ide dan konsep dari Rektor Unilak Dr.Junaidi.SS.M.Hum, Unilak menggelar Raye Drive Thru di lobi gedung rektorat dengan memperhatikan SOP pencegahan wabah Corona untuk dapat bersilahturahmi dengan jajaran dosen, karyawan, dan mitra media Unilak tanpa harus bersalaman.

Raye Drive Thru adalah kegiatan silaturahmi dalam bentuk berjumpa tatap muka tanpa harus bersalaman, dosen dan karyawan Unilak kemudian menyapa pimpinan Unilak dari kendaraan tanpa harus bersalaman sebagaimana mestinya saat silaturahmi rumah ke rumah.

Menarik, antrean kendaraan tetap diatur dan berjarak 2 meter. Antrean kendaraan seperti ini umumnya terlihat di restoran cepat saji, yang berbeda adalah pihak rektorat memberikan paket lebaran.

Baca Juga :  Dosen Unilak Kembali Toreh Prestasi Internasional, 60 Naskah Melayu Kuno Digitalisasi

Beberapa aturan yang dilakukan Drive Thru yaitu, wajib menggunakan masker, tidak berjabat tangan, dan menerapkan phisical distance, serta tersedia fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer. Artinya silahturahmi ini memperhatikan SOP dari pencegahan Wabah Corona.

Raye Drive Thru di Unilak dimulai sejak pukul 9-11 WIB, dan menggunakan masker Rektor Unilak Dr.Junaidi bersama, Wakil Rektor I Zamzami.S.Kom.M.Kom, Wakil Rektor II Hardi SE.MM, dan Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, menyambut bahagia tamu yang melintas di depan lobi yang berada di dalam kendaraan dan saling mengucap selamat lebaran.

Wajah kerinduan, tawa dan bahagia terlihat jelas dari para dosen yang ikut Raye Drive Thru, walaupun bertemu beberapa detik tapi berjumpa langsung dan melihat langsung senyum pimpinan ada rasa bahagia yang terlihat dari Raye Drive Thru.

Baca Juga :  Sebanyak 32 SMA/SMK se-Riau Ikuti Kompetisi Futsal Fasilkom Unilak

“Silaturahmi ini baru pertama kali digelar sebagai cara beradaptasi dengan kondisi wabah COVID-19 dengan tetap memperhatikan SOP, dan Unilak memberikan 400 paket lebaran bagi tamu yang mengikuti raye Drive Thru agar bertambah kebahagiaan,” kata Junaidi.

Ia menambahkan, kegiatan kerja karyawan dan dosen kini mulai berjalan di Kampus Unilak, namun mahasiswa masih libur.

“Mahasiswa nanti akan langsung ujian pada akhir Juni secara online karena belum bisa kuliah secara fisik di kelas,” katanya.

Selain itu, sambung Junaidi, proses penerimaan mahasiswa barudi Unilak juga menggunakan sistem jaringan di situs pmb.unilak.ac.id. Pihaknya memberikan kemudahan untuk pendaftar yaitu tanpa tes masuk dan diskon uang pengembangan hingga 50 persen.

Baca Juga :  Lebih 2.000 Mahasiswa Baru Unilak Ikuti Pamaba 2018

“Sudah banyak yang daftar karena kita ada program Pasti Kuliah, yakni memberikan diskon sampai 50 persen uang pengembangan. Ini diberikan karena pada masa sulit ini jangan sampai anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ungkap Junaidi.

Sementara itu salah satu tamu yang mengikuti raye Drive Thru, dekan Fakultas Hukum Unilak Dr. Fahmi SH.MH, saat ditemui memberikan apresiasi kepada Rektor beserta jajarannya atas ide kreatif dalam melaksanakan Kegiatan Raye Drive Thru.

“Walaupun situasi pandemik Corona, tidak menghalangi keluarga besar Unilak untuk melakukan silaturahmi sebagai pengganti kegiatan halal bi halal. Kegiatan Raye Drive Thru ini sebagai bentuk kegiatan yang mematuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan standar protokol kesehatan,” kata Fahmi. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *