Pemko Batam Sterilkan Dataran Engku Putri Batam Center

RiauKepri.com, BATAM — Pemerintah Kota (Pemko) Batam semprotkan disinfektan Dataran Engku Putri Batamcentre, Kamis (30/7/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 mengingat Dataran Engku Putri dijadikan pusat penyelenggaraan salat Idul Adha tingkat Kota Batam.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam menerjunkan dua unit mobil damkar. Mereka menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh sudut dataran Engku Putri.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan. Tak hanya sterilisasi lokasi salat, ia juga sudah menentukan kebijakan-kebijakan saat pelaksanaan salat nantinya.

Baca Juga :  Doa Masyarakat Kepri untuk Sulawesi Tengah

“Seperti durasi pelaksanaan salat juga dipersingkat. Diperingkatnya pelaksaan shalat tersebut bukan berarti mempercepat shalat, namun persingkat tersebut seperti tidak adanya kata sambutan dari Wali Kota dan sebagainya,” ucap Rudi.

Lanjut Rudi, yang akan memberikan sambutan pada pelaksanaan salat Idul Adha itu besok hanya Kemenag saja. Laporan yang disampaikan mengenai hewan kurban.

“Jemaah tidak diperkenankan bersalaman. Hal ini sebagai antisipasi penularan Covid-19 karena permasalahan Covid-19 di Batam belum sepenuhnya tuntas,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengungkapkan, untuk pelaksanaan salat Idul Adha di Dataran Engku Putri dilakukan pengetatan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Pak Ngah Pencipta Lagu Cindai Meninggal Dunia di Batam

“Semua jemaah yang masuk ke Dataran Engku Putri akan dilakukan pengecekan suhu. Saf salat juga dibuat berjarak. Semua petugas dibekali protokol kesehatan yang akan diterapkan saat salat Idul Adha,” tuturnya. (RI/RK15)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *