2.020 Batang Manggrove Ditanam di Dumai, Zul AS: Hutan Manggrove Terus Berkurang

Gubri didampingi Walikota Dumai melakukan foto bersama dengan Forkopimda Riau dan Dumai di sela-sela penanaman mangrove pada peringatan hari Manggrove se Dunia tahun 2020 tingkat Provinsi Riau di Dumai Senin.

RiauKepri.com, DUMAI- Sebanyak 2.020 batang bibit Mangrove ditanam di Bandar Bakau, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai Senin (03/08/2020)

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 75 dan Perayaan Hari Mangrove se Dunia Tahun 2020 tingkat Provinsi Riau.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menjelaskan hutan mangrove di Indonesia ada sekitar 3,31 juta hektare. Atau setara dengan 20% dari total hutan mangrove di dunia. Dari luas total tersebut, 222 ribu hektar lebih berada di provinsi Riau, dan salah satunya ada di Kota Dumai.

Baca Juga :  Yasonna Datang, Gubri Harap Rutan Baru Siak Dibangun, Lahannya Sudah Ada

“Hari ini saya mendampini Gubernur Riau, menanam secara simbolis 2020 bibit tanaman manggrove di bandar bakau,”. jelas Zul AS begitu walikota Dumai akrab dipanggil.

Apa yang dilakukan penanam mangrove red), ujar Zul AS adalah ikhtiar untuk tetap menjaga ekosistem menjadi terus seimbang.

“Karena seiring berjalannya waktu, hutan mangrove terus berkurang karena ekapansi bisnis dan ekonomi yang dilakukan manusia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Dumai mengajak masyarakat untuk merawat hutan manggrove yang masih tersisa di Dumai.

Baca Juga :  Hari Pertama Gubri Ikut RFG di Singapura, Ini Kegiatannya

“Mari kita rawat hutan mangrove di daerah kita yang masih tersisa, kita jaga keberadaannya dan kelestariannya. Karena itu adalah salah satu cara untuk mempertahankan kondisi darat di daerah kita agar minimal tidak tergerus oleh abrasi air laut,” harapnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *