ATPUSI Kota Tanjungpinang Ajak Jalin Kerjasama

Lakukan Kunjungan ke STTI Tanjungpinang

Rombongan ATPUSI Kota Tanjungpinang Saat Berdiskuasi dengan Pihak STTI Tanjungpinang

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG- Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Tanjungpinang lakukan kunjungan silaturahmi ke Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang untuk mengetahui tentang pemanfaatan aplikasi otomasi perpustakaan di perguruan tinggi. Kunjungan tersebut dilaksanakan di Kampus STTI Tanjungpinang, Kamis (13/8).

Rombongan disambut langsung oleh Ketua Harian STTI Tanjungpinang, Drs. Mohd. Saleh H. Umar, MM, CHRA, Pembantu Ketua 2, Muhammad Faizal, SH, MM, Pembantu Ketua 1, Ade Winarni, MT, Ketua LPPM, Moch. Rizki Romdoni, S.Kom, MT dan Kepala Perpustakaan STTI, Nurul Hilda, S.Pd, M.Si. Sedangkan rombongan ATPUSI Kota Tanjungpinang yang diketuai oleh Fakhriyansyah, S.Pd yang didampingi oleh Ketua ATPUSI Provinsi Kepri, Siti Rohani, Wakil Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang, Harmawita Sastri, S.AP dan beberapa pengurus.

Kedatangan rombongan ATPUSI Kota Tanjungpinang ini bertujuan untuk melakukan silaturahmi dan studi banding terkait pemanfaatan aplikasi otomasi pelayanan perpustakaan. Dalam kunjungan tersebut, Fakhri selaku Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang ini menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan STTI Tanjungpinang yang telah menjadi mitra kerja ATPUSI dalam pemanfaatan teknologi.

Baca Juga :  Beri Kontribusi Terbaik untuk Pembangunan Kepri

Fakhri juga menyampaikan beberapa hal terkait otomasi dan digitalisasi pelayanan perpustakaan, ia merasa sangat perlu perpustakaan sekolah di Kota Tanjungpinang menerapkan digitalisasi perpustakaan dengan aplikasi yang mudah dan praktis.

“Kami menyadari bahwa sebagian besar perpustakaan di Kota Tanjungpinang belum terotomasi secara maksimal, hanya segelintir sekolah yang menggunakan aplikasi, untuk itu kami lakukan kunjungan ini agar dapat dijalin kerja sama yang baik antara ATPUSI sebagai wadah tenaga perpustakaan dengan STTI Tanjungpinang sebagai mitra kerja kami yang bisa mensupport dalam pemanfaatan teknologi,” ungkap Fakhri.

Selain itu, Fakhri juga mengatakan bahwa banyak tenaga perpustakaan yang belum memahami tugas, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai tenaga perpustakaan atau pustakawan. Menurutnya dikarenakan para pengelola perpustakaan masih minim pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola perpustakaan.

Baca Juga :  Semarak Even Sepakbola Menumbuhkembangkan Kemampuan Bibit Muda Tempatan

“Pengelola perpustakaan sekolah yang ada saat ini merupakan orang-orang yang awam dengan tata kelola perpustakaan bukan murni pustakawan, untuk itu kami berharap dengan adanya kerja sama yang akan dilakukan nantinya dapat membuka kesempatan bagi pengelola perpustakaan agar mampu memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pengelola perpustakaan sehingga dengan mudah mengoperasikan aplikasi yang ada, kita harapkan seluruh perpustakaan sekolah di Kota Tanjungpinang dapat terotomasi dengan baik, setidaknya untuk pendataan dan klasifikasi buku,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian STTI Tanjungpinang, Drs. Mohd. Saleh H. Umar, MM, CHRA, menyambut baik kedatangan ATPUSI Kota Tanjungpinang ke STTI Tanjungpinang. Ia mengatakan dengan adanya kunjungan ini dapat saling bertukar pikiran dengan apa yang telah dilakukan oleh ATPUSI Kota Tanjungpinang.

“Saya juga berharap ATPUSI mampu membantu kami dalam pengelolaan perpustakaan, kami yakin bahwa para pengelola perpustakaan sudah mampu dan mahir dalam mengelola perpustakaan, untuk itu kami menyambut baik kunjungan silaturahmi ini,” ungkap Saleh.

Baca Juga :  Sekda Ingin MTQ VII Tingkat Provinsi Berjalan Sukses

Senada dengan Ketua Harian, Muhammad Faizal, SH, MM yang merupakan Pembantu Ketua 2 juga sangat mengapresiasi ATPUSI Kota Tanjungpinang yang telah ingin berkunjung ke STTI Tanjungpinang. Ia juga berharap terjalin kerja sama dengan ATPUSI Kota Tanjungpinang dalam hal pengelolaan perpustakaan.

“Kami siap untuk bekerja sama dengan ATPUSI Kota Tanjungpinang, kesempatan ini membuka peluang para pengelola perpustakaan sekolah maupun perguruan tinggi dapat memahami tupoksinya di perpustakaan, apalagi dalam hal penggunaan sistem otomasi yang mampu memudahkan pustakawan dalam hal pelayanan, pendataan dan sirkulasi, semoga saja kita dapat segera membuat kesepakatan,” ucap Faizal.

Dalam silaturahmi tersebut, rombongan diajak menuju perpustakaan STTI Tanjungpinang dan diakhiri dengan pertukaran cenderamata antara ATPUSI Kota Tanjungpinang dan STTI Tanjungpinang.(RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *