TA Kilang Butuh Ribuan Naker, Fadhly: Pemenang Tender Wajib Umumkan Lowongan Kerja

PLT Kepala Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE memberikan keterangan kepada Riau-Kepri.com di ruang kerjanya.

RiauKepri.com, DUMAI- Kegiatan Turn Around (TA) atau maintenance (pemeliharaan red) kilang PT Pertamina RU II tahun 2020 segera dilaksanakan. Puluhan perusahaan lokal dan luar daerah yang turut dilibatkan. Bahkan TA terebut membutuhkan tenaga kerja mencapai ribuan orang.

“Kami minta vendor pemenang tender mengumumkan lowongan kerja secara transparan,” kata PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai MT Parulian Siregar SE kepada RiauKepri.com.

Informasi yang diperoleh menyebutkan sebanyak 43 perusahaan pemenang tender proyek TA kilang PT Pertamina sudah diketahui, hanya saja Surat Perintah Kerja (SPK) belum keluar.

Baca Juga :  15 Ribu Ekstasi Senilai Rp 6 Miliar Ditemukan di Bengkalis

Kendati demikian, perusahaan pemenang tender sudah bisa mengumumkan lowongan kerja yang dibutuhkan.

“Perusahaan pemenang tender sudah bisa mengumumkan lowongan kerja dengan mencamtumkan skill tenaga kerja yang dibutuhkan,” tegas Parulian Siregar.

Pengumuman lowongan kerja oleh vendor TA kilang PT Pertamina RU II Dumai lebih cepat lebih bagus. Hal tersebut penting agar tak ada alasan perusahaan bahwa tenaga kerja Dumai tak siap, sehingga mereka mengambil tenaga kerja dari luar daerah.

Hal senada juga diutarakan wakil Ketua F. FSPTI-K.SPSI Dumai H Armidy S.Sos.
Menurutnya, vendor PT Pertamina wajib mengutamakan tenaga kerja lokal bekerja dalam pelaksanan proyek TA kilang Pertamina RU II Dumai.

Baca Juga :  Dodi yang Ditelan Sungai Kuantan Ditemukan, Begini Kondisinya

Untuk itulah Pertamina harus mendorong perusahaan vendor untuk jangan lalai untuk mengumumkan lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan vendor. “Kalau pemenang tender memang sudah keluar, silahkan tempel pengumuman lowongan kerja di papan pengumuman Disnakertrans dan tempat-tempat strategis lainnya,” katanya.

Sesuai data yang diperoleh menyebutkan TA tahun 2020 berbeda, karena operasional kilang berhenti total. Sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan lumayan banyak, mencapai 6.500 orang.

Sebelum proyek dijalankan lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan vendor PT Pertamina RU Dumai sebagai pelaksana pekerjaan proyek TA Kilang wajib diumumkan.

Baca Juga :  Koruptor dan Napi Narkoba di Riau tak Dapat Remisi Lebaran

“Sesuai ketentuan, rekrut untuk kebutuhan sebanyak 4.500 orang naker lokal untuk TA PT Pertamina RU II
yang akan dimulai Oktober nanti harus diumumkan secara terbuka dan transparan, ” tegas Kabid Pelatihan dan Penempayan Tenaga Kerja Muhammad Fadhly SH kepada Riau Kepri.com secara terpisah.

Kata Fadhly diperkirakan sekitar 80 perusahaaan lokal terlibat dalam TA Kilang tersebut.

“Silahkan masyarakat Dumai untuk membuat lamaran, karena sesuai pertemuan bersama Forkopimda Dumai, Pertamina RU II wajib membuat pengumuman lowongan kerja,” jelasnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *