Mantap, Pameran Arsitektur Internasional Low-Carbon Pertama di Indonesia Dari Riau

Ruang Tanpa Batas

RiauKepri.com, PEKANBARU– Komunitas Nongkrong Bareng Arsitek akan mengadakan International Architectural Virtual Exhibition 2020 dengan tema Ruang Tanpa Batas. Helat ini berlangsung pada tanggal 26 Agustus hingga 26 September 2020.

“Perhelatan ini dalam rangka memperingati 10 tahun Komunitas ini berjalan. Ini akan menjadi Pameran Arsitektur Internasional Low-Carbon pertama di Indonesia, dari Riau, Pekanbaru,” kata Parlindungan Ravelino,  salah seorang pendiri Komunitas Nongkrong Bareng Arsitek.

Komunitas ini, dibentuk pada 26 Agustus 2010 di Pekanbaru oleh 3 Arsitek Pekanbaru, Dedi Ariandi, Weldy Eka Saputra dan Parlindungan Ravelino. Kegiatan Komunitas ini adalah Presentasi Karya Arsitektur & Desain yang diadakan setiap 1 kali dalam sebulan, mengundang Arsitek dari Pekanbaru untuk presentasi karya dan hal ini berlangsung sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Baca Juga :  Agar Umat Nyaman Bepuasa Ramadan, Ini yang Dilakukan Gubri

“Arsitek yang diundang juga selalu beragam dan berbeda di setiap edisinya. Bisa Praktisi, Akademisi ataupun Mahasiswa/i. Sebelum masa pandemi, kegiatan dilakukan dengan “nongkrong bareng”di studio milik Dedi Ariandi atau kadang di Café Parlindungan Ravelino,” kata Parlindungan Ravelino.

Tema Ruang Tanpa Batas, jelas Parlindungan Ravelino, diambil oleh Kurator Weldy Eka Saputra, untuk memberi konektivitas antara karya arsitektur, di manapun mereka berada. Kurator ingin memperlihatkan bahwa ruang bagi arsitektur itu tidak terbatas, ruang itu tidak hanya sebatas “ruangan.”

Mekanismenya adalah tetap membawa Arsitek Pekanbaru. Jadi, peserta pameran adalah Arsitek Pekanbaru + 1. Maksudnya arsitek Pekanbaru yang berminat ikut pameran diwajibkan mengajak 1 teman mereka dari luar negeri, ini adalah upaya bias berhubungan dengan orang lain tanpa batas.

Di luar dugaan terkumpul 15 Arsitek Pekanbaru dan 15 Arsitek/Interior Desainer dari Luar Negeri. Sebut saja ada yang dari Sydney, Singapura, Kuala Lumpur, Lund, Kassel, Bangkok, Kamboja, London, Roma, Lima, Lamphun, Davao City dan New York.

Baca Juga :  Niat Hati 2 Warga Rohul Ini Membakar Tawon, Tapi...

Pameran akan didakan secara virtual. Karya akan ditampilkan di Instagramnya Nongkrong Bareng Arsitek ( @nba.pku ). Pembukaan Pameran juga akan dilaksanakan lewat aplikasi ZOOM pada tanggal 26 Agustus 2020, Jam 16.00 WIB / 04.00 PM. Pembukaan pameran terbuka untuk umum di Link : https://bit.ly/RUANGTANPABATAS, Meeting ID : 810 6677 9861 dan Passcode : 125374. Pembukaan juga bisa disaksikan secara Livestreaming di YouTube Nongkrong Bareng Arsitek.

Pameran akan dibuka oleh Arsitek Senior Deddy Wahjudi, ST., M.Eng, Ph.D, Budayawan Riau Prof. Yusmar Yusuf dan salah satu penikmat setia Nongkrong Bareng Arsitek yaitu Zahrah Kania Nur Afifa.

Baca Juga :  Jangan Melepas, Ikuti Diskusi Pengelolaan Warisan Budaya Riau Ditaja LAMR

Selama pameran berlangsung akan diadakan rangkaian acara Talkshow & Diskusi Arsitektur secara Virtual. Nongkrong Tanpa Batas akan menghadirkan beberapa Peserta Pameran terpilih untuk mempresentasikan karya mereka. Serta ada Diskusi Tanpa Batas dengan tema yang berhubungan dengan Arsitektur dan Desain.

Dengan dihelatnya International Architectural Virtual Exhibition 2020 RUANGTANPABATAS ini dan rangkaian acaranya, diharapkan bisa memacu kreatifitas tanpa harus terbatas oleh ruang dan waktu. Selain itu juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk saling memotivasi antar Arsitek dan Desainer, mendalami potensi dalam berkarya, serta ruang interaksi para Arsitek dan Desainer. Untuk lebih luasnya, diharapkan pameran ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dunia Arsitektur dan Desain kepada seluruh kalangan masyarakat. (*/RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *